STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS HAUS INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN CORPORATE IMAGE

Siska Yuningsih Yuningsih, Lilik Sumarni, Sofia Hasna, Abd. Rohman, Naila Magda Robina

Abstract

Strategi marketing public relations yang diterapkan oleh Haus! Indonesia adalah mempertahankan citra perusahaan sebagai brand minuman modern yang difokuskan pada generasi milenial. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah dari konsep Three Ways Strategy oleh Thomas L. Harris yaitu push strategy, pull strategy, dan pass strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Haus! Indonesia menerapkan strategi marketing public relations berdasarkan konsep Three Ways Strategy oleh Thomas L. Harris yaitu push strategy (promosi langsung), pull strategy (komunikasi digital interaktif), dan pass strategy (kegiatan sosial dan CSR). Ketiga strategi tersebut dijalankan secara sinergis oleh tim pusat dan pelaksana lapangan untuk membangun citra merek yang positif, adaptif, dan relevan. Strategi marketing public relations tersebut terbukti memberikan dampak nyata dalam meningkatkan consumer engagement dan mempertahankan citra perusahaan di tengah persaingan industri minuman kontemporer.

 

Kata Kunci: Pemasaran Hubungan Masyarakat, Strategi Tiga Arah, Citra Perusahaan

 

References

Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations : Diantara Penjualan Dan Pencitraan. Deepublis.

Anggraeni, D., Triany, N. A., Apriyanto, A., & Sutresna, A. (2025). Komunikasi Korporat: Seni dan Strategi Membangun Citra Perusahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Cornelissen, J. P. (2023). Corporate Communication. A Guide to Theory and Practice. Corporate Communications: An International Journal, 14(1), 119–120. https://doi.org/10.1108/13563280910931117

Faustyna, F. (2023). Crisis Communications Related to Student Learning Implementation in Public Relations Marketing Event Course. International Journal Reglement & Society (IJRS), 4(2), 126–133.

Haque, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi.

Khoa, B. T., Hung, B. P., & Hejsalem-Brahmi, M. (2023). Qualitative research in social sciences: data collection, data analysis and report writing. International Journal of Public Sector Performance Management, 12(1–2), 187–209. https://doi.org/10.1504/IJPSPM.2023.132247

Muksin, N. N., Affatia, D., Lubis, A., Andarini, D. R. R. E., Sari, R. D. Y. E., Hasanah, E., Kusumawati, A. Y., Wardah, A., Febriyanti, D., & Kustini, E. (2024). Public Relations dan Kehumasan: Penerapan di Lembaga Publik, Kesehatan, dan Industri. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Oktaviani, T., Suswanto, B., & Nurjanah, A. (2024). Strategi Marketing Public Relations PT. ISS Indonesia Dalam Memperkuat Citra Perusahaan. INTERPRETASI Ilmu Komunikasi, 4(4221), 19–28.

Putra, G. U., Hamad, I., & Intani, R. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Awareness. In Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi (Vol. 9, Issue 2, pp. 75–88). Politeknik Negeri Bali. https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i2.4284

Salbila, N. H. S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Pt. Tip Top & Dept. Store Cabang Bogor Dalam Menarik Minat Pembeli. Universitas Nasional. http://repository.unas.ac.id/8992/%0Ahttp://repository.unas.ac.id/8992/3/BAB 2.pdf

Setiady, N. S., & Oesman Palapah, M. A. (2023). Strategi Marketing Public Relation Brand Lokal Hijab Bandung. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 3, Issue 1). Universitas Islam Bandung (Unisba). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.5432

Silverman, D. A., & Smith, R. D. (2024). Strategic planning for public relations. Routledge.

Sudarajat, D. (2022). Public Relations Writing. MEGA PRESS NUSANTARA.

Tahir, A. H., Adnan, M., & Saeed, Z. (2024). The impact of brand image on customer satisfaction and brand loyalty: A systematic literature review. Heliyon, 10(16). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e36254

Wibowo, D. W., Zahro, A., Rahayu, P. Y., & Huda, M. (2025). Brand dan Public Relation: Sebuah Kajian Konseptual dalam Konteks Indonesia. Journal Of Administrative And Social Science, 6(2), 32–44.

......