PENGARUH SELF-ESTEEM DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Zia Ulhaq, Mahriza Mahriza, Cut Yusnidar, Irza Amelia

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk “Pengaruh Self-Esteem Dan Social Influence Terhadap Brand loyalty Dengan Brand trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Produk Handphone merek Oppo Pada Masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie)”. Dimana variabel independen (X) yaitu Self-Esteem Dan Social Influence variabel Intervening (Z) yaitu Brand trust dan Brand loyalty (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pengguna Produk Handphone merek Oppo Pada Masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung Brand image terhadap brand loyality positif dan signifikan. pengaruh langsung Self-Esteem terhadap kepuasan pembelian positif dan signifikan. Pengaruh langsung self-esteem terhadap Brand trust positif dan signifikan. Pengaruh langsung self-esteem terhadap brand trust positif dan signifikan. Pengaruh langsung social influence terhadap brand loyalty positif dan signifikan. Pengaruh langsung social influence terhadap brand trust pembelian positif dan signifikan.

Kata Kunci : Self-Esteem, Social Influence, Brand loyalty dan Brand trust

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam Mahendra, B., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Brand Love Pada Brand Loyalty Serta Peran Self-Esteem, Dan Susceptibility To Normatif Influence. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 519–530. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15574

Agatha, C., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pemilik Membership Card Oryza Gym Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 50–59. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27188

Andini, A., & Surya, D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–21.

Anggraeni, H., & Rachmi, A. (2023). Pengaruh Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pada Toko Trend Hijab Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.570

Budiyanto, A. (2022). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy, Kepuasan Kerja Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Neotekno Nusantara. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 297–315. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.412

Hidayanti, A., Reminta, ?, & Batu, L. (2021). Pengaruh Social Influence Terhadap Keputusan Mengikuti Program Melalui Kepuasan Pelayanan pada PERMATA-SAKTI 2020. YUME : Journal of Management, 4(3), Pages x-xx. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.445

Indriyani, J., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Pegawai RSUD Ciamis). Business Management and Enterpreneurship Journal, 2(4), 53–62.

Kartini, Y., & Tenri Jaya, A. (2024). Pengaruh Knowledge Management Dan Skill Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Bappeda Kab. Pangkajene Dan Kepulauan. 13(3), 331–340.

Lindawaty, L., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Pt Alfa Scorp Ii Marelan Medan. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.77

Natanael, S. (2019). Pengaruh Service Quality, Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 39–46. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i3.4975

Nur Rahmadhani, & Resekiani Mas Bakar. (2023). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Wanita Pengguna Produk Kosmetik. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 554–562. https://doi.org/10.56799/peshum. v2i4.1803

Prasetya, A. T. (2024). Pengaruh Sosial Dan Nilai Budaya Terhadap Minat Menggunakan Media Sosial Melalui Sikap Generasi Z Di Kota Palembang. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE …, 5(2), 322–326. https://ojs.unsiq.ac.id/index. php/jebe/article/view/6236%0Ahttps://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/download/6236/3070

Prawira, A. A. N. D. N., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Satisfaction, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Sepatu Merek Nike. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(12), 1305. https://doi.org/10.24843/ejmunud. 2021.v10.i12.p03

Putra, E. Y., & Liesty Indriani, V. (2023). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Brand Loyalty pada Coffee Shop yang ada di Batam. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 9. https://doi.org/10.19184/ejeba.v10i1.37121

Rantika, N. S., Setyowibowo, F., & Octoria, D. (2024). Pengaruh Social Influence dan Self Control terhadap Perilaku Menabung Dimediasi Literasi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Journal on Education, 06(03), 17830–17839. https://jonedu. org/index.php/joe/article/view/5715%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/5715/4592

Syamsuddinnor et al. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Brand Affect Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Cleo Pure Water Di Kota Banjarmasin (Studi Pada Konsumen Di Kecamatan Banjamasin Utara Dan Banjarmasin Barat). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2769–2780. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/361/313

Widyastari, N., Camelia, D., Lestari, D. S., & Asnawi, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Richeese Factory Di Surabaya. 2(1).




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i2.2922

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.