PENGARUH INOVASI PELAYANAN DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PAKET DATA TELKOMSEL DI PADANG TIJI)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Inovasi pelayanan dan Kinerja Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Telkomsel (studi kasus pada pengguna paket data Telkomsel di Padang Tiji)”. Populasi dalam penelitian ini diambil sebagai Sampel menggunakan rumus Unknown Populations sehingga didapatkan hasil sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi:
Y = 4,504 + 0,556X1+ 0,282X2
Dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel Inovasi pelayanan (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 55,6 % terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Telkomsel pada pengguna paket data Telkomsel di Padang Tiji. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu dengan indeks korelasi sebesar 89,1% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel sebesar 79,4 %, ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Telkomsel pada pengguna paket data Telkomsel di Padang Tiji dan sebesar 20,6 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci :Inovasi Pelayanan, Kinerja Pelayanan, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akdon dan Ridwan. 2017. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Cetakan 2. Bandung: Alfabeta. Alfi Syahri Lubis, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. ournal of Business Ekonomi Volume 1, Nomor 2, September 2017, hlm. 86-97. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/619
Ardianto Kusuma, 2017. Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal 1 Program Studi Manajemen Universitas Darma Persada,2 Mahasiswa Universitas Darma Persada. http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/manajemen/article/view/13
Arif Widya Imanullah, 2018. Analisis Permintaan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor Berlabel Halal Mui (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang), jurnal Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5290 Arviana
Meytriani, 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Produk Lokal Akaian Jadi Di Purwokerto. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. ISBN 978- 602-1643-67-9. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/1679/1445
Aulia, & Zulvan, M. (2017). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Pembelian Produk Busana Muslim di Lazada Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Retrieved from dspace.uii: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6920
Danang, S. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS. Eddy Poernomo. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Faktor Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel The Sun Sidoarjo. Surabaya : Jurnal Bisnis Indonesia. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1073 Fandy
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy. PENGARUH INOVASI PELAYANAN DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PAKET DATA TELKOMSEL DI PADANG TIJI) 55 E-ISSN 2988-7275 , 2017. Pemasaran Jasa, Penerbit Banyumedia Publishing.
Fatoni. M. 2018. Pengukuran Resiko Beban Kerja Dengan Mengunakan Metode Fisiologi Pada PT Semen Baturaja Palembang. Universitas Bina Darma. Palembang.
Ferriyal Rosita, 2017. Pengaruh Kepercayaan (Trust) dan E-Security Seals Terhadap Minat Pembelian Konsumen Secara Online: Studi Pada Konsumen Kaspay.com Di Indonesia. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Jl. MT Haryono 165 Malang. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1988
Ferriyal Rosita, 2017. Pengaruh Kepercayaan (Trust) dan E-Security Seals Terhadap Minat Pembelian Konsumen Secara Online: Studi Pada Konsumen Kaspay.com Di Indonesia. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1988 Firman
Mardiansyah, 2021, Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, Dan E-Loyalty Terhadap Minat Pembeli Dalam Konteks E-Commerce Aplikasi Belanja Online Shopee. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15646/1/SKRIPSI%20BAB%201%20%26%202.pdf
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program. AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2020. Analisis Laporan Keuangan. Edisi. Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Hanif
Danang Prasetyo, 2017. Pengaruh E-Service Quality dan E-Security Seals terhadap E-Satisfaction melalui Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce (Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 164-173, Dec. 2017. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/14553
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava. Media. Juhria, Aminatu, 2021. Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce Shopee. Jurnal Manajemen - VOL. 13 (1) 2021, 55-62. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Singaperbangsa, Karawang.’ https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/9132 Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja. Grafindo Persada: Jakarta. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob
sabran, MM. Jakarta :Erlangga. Krisnu Putra Yutadi, 2021. Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Ecommerce. Jurnal fakultas ekonomi Universitas Brawijaya, Jl. MT. Haryono 165, Malang. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1487 Masniar, 2019. Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Permintaan Produk Teh 2M (Studi Kasus : Cv. Harum Manis Sorong). Program Studi Majemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sorong. https://ejournal.um-
sorong.ac.id/index.php/metode/article/view/1516/824 PENGARUH INOVASI PELAYANAN DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PAKET DATA TELKOMSEL DI PADANG TIJI) 56 E-ISSN 2988-7275 Nurhatinah, 2018. Pengaruh Keamanan, Privasi, Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping Di Kota Padang. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang. Volume 1, Nomor 1, 5 Maret 2018. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/4740
Putri Dwi Nurdiati, 2021. Pengaruh E-Service Quality, Harga Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pengguna Tokopedia di Tangerang Selatan) https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/58669/1/
PUTRI%20DWI%20NURDIATIFEB.pdf Rayesha Putra Baistama, 2021. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Transportasi Online Gojek. Jurnal Vol.8, No.4 Agustus 2021, Universitas Telkom, Bandung. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/169598/pengaruh-e-service-quality-terhadap-kepuasan-danloyalitas-pelanggan-pada-aplikasi-transportasi-online-gojek.html Risa Septiani, 2020. Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Yogyakarta) jurnal Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34781 Santoso,
Singgih. 2017. Menguasai Statistik Dengan SPSS 24. Jakarta: PT Alex. Media Komputindo. . 2019. Seri Solusi Bisnis Berbasis TI Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, Tiara Fitriani Ponengoh, 2018. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Barang Di Online Shop Di Sleman, Diy. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/23126/13%2C%20Naskah%20Publikasi.pdf?sequen ce=13&isAllowed=y Utari,
Putri, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Gowata Sakti Motor. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
http://eprints.unm.ac.id/13996/1/JURNAL%20%28ARTIKEL%29%20%20PUTRI%20UTARI.pdf
Vanesa P. Rau, 2018. Analisis peramalan permintaan produk hollow brick pada ud. Immanuel air madidi. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20233
Zahra, Khalida, 2020. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Tingkat Keamanan dan Keselamatan Angkutan Umum Penumpang di Kota Bandung (Studi Kasus : Cicaheum-Ledeng). Jurnal Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/PWK/article/view/9032/pdf
Yanti, E. M. (2024). Impacts of Government Policies, Technological Innovation, and Competitive Advantage on Post Pandemic MSME Financial. Business Review and Case Studies, 5(1), 81-81
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i2.2194
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |