PENGARUH COORPORATE SOCIAL DAN RASIO LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUB SEKTOR KERAMIN PORSELIN DAN KACA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019

Arina Alfiana, Nazariah Nazaria, Ramzijah Ramzijah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh coorporate social dan rasio likuiditas secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada sektor industry dasar dan kimia sub sektor keramik porselin dan kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini yaitu ada 15 perusahaan. Hasil Penelitian secara simultan menunjukan bahwa nilai Fhitung  sebesar 2,243 dan Ftabel  sebesar 3,16. Karena Fhitung  <  Ftabel  (2,243 > 3,16) dan sig > 5% (0,116 > 5% atau 0,05). Hal ini menunjukan bahwa variabel coorporate social dan rasio likuiditas secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian koefisien regresi untuk variabel coorporate social  bernilai 0,058 dengan tanda positif, secara parsial menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,762 > 0,05 yang artinya variabel coorporate social tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan persamaan regresi terlihat bahwa koefisien untuk variabel rasio likuiditas sebesar -22,794 dengan tanda negatif. Selain itu, memiliki nilai signifikan sebesar 0,044 < 0,05 yang artinya rasio likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Coorporate Social, Rasio Likuiditas dan nilai Perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Metode Penelitian Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Erlangga.

Juniarti. 2015. Pengaruh Pengungkapan Coorporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Yang diukur Menggunakan Tobin’S Dengan Pedoman Global Reporting Initiative. Jurnal. Jakarta: FE. Universitas Kristen Petra.

Haryadi, Sarjono. 2011. SPSS vs Lisrel Sebiuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Erlangga.

Harmono. 2010. Manajemen Keuangan, Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori Dan Riset Bisnis. Jakarta: Pustaka Nasional.

Kasmir, Djakfar. 2013. Akuntansi Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: Andi Offset.

Mulyadi. 2010. Manajemen Keuangan. Jakarta: Pustaka Nasional RI.

Munawir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Edisi II. Jakrta: Gunung Agung.

Noerirawan. 2012. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Jakarta: Erlangga.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelajaan Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosiana. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiana. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Komsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Bali: FE. Udayana.

Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Statistik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Wirakusuma. 2016. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Gunung Agung.

Wardani. 2017. Pengaruh Coorporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas (ROA) Dan Likuiditas (CR) Terhadap Nilai Perusahaan (Tobin’s Q) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal. Jakarta: FE. UI.

Zuwei. 2011. Akuntansi Untuk Usahawan. Jakarta: Gramedia Grafika.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v1i2.1746

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.