PENERAPAN MODEL SOLE DAN MODEL EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TURUNAN

Yomiko Riski Watung, Ichdar Domu, Nicky K. Tumalun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran SOLE dan model pembelajaran ekspositori pada materi turunan di SMA Negeri 1 Kawangkoan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan design Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir pembelajaran (Posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t, pada data yang sudah diuji normalitas dan uji homogenitasnya. Perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh  maka  di tolak dan terima . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran model SOLE dengan pembelajaran model ekspositori pada materi turunan. Selanjutnya, diperoleh model SOLE yang digunakan pada kelas eksperimen lebih baik daripada model ekspositori yang digunakan pada kelas kontrol materi turunan.

Kata Kunci

SOLE (Self Organized Learning Environment), Ekspositori, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Astuti, Novita Fuji, Acmahdi, Rosyid, R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori. In Artikel Penelitian.

Fariha, A. (2021). Pembelajaran SOLE dalam Membangun Keefektifan Belajar pada Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 152–157.

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.245

Firdaus, Pratiwi, & Riyani. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397

Lolombulan, J. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Andi.

Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–78. http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.5319,

Mato, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Matematika Materi Pokok Fungsi Kelas Viii Smp Negeri 2 Sano Nggoang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(hal 140), 43–50.

http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Meilina, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sel Belajar Terhadap Kemampuan Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tebing Syahbandar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 103. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5395

Rachmawati, T. K. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130

Rahajeng, R. (2012). Kesulitan Belajar Matematika. Krida Rakyat.

Rahmawati, F. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Informatika Menggunakan Model Self Organized Learning Environment. 5(1), 111–117.

Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments ( SOLE ) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer Pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran dilakukan melalui dunia maya yang femiliar dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) ( Kamil . 6(3), 321–328.

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algensindo.

Wati, N. N. K. (2020). Perangkat pembelajaran berbasis E-learning di sekolah dasar. PINTU:Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 180–189. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/913

Zermani, S., & Abdellatif, N. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas. Journal of Mathematical Analysis and Applications, 5(2). https://doi.org/10.1016/j.jmaa.2021.125484