PENGELOLAAN KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, F. (2022). Strategi Guru Profesional Menghadapi Era Digital. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:HjtKAtQ2ssoJ:scholar.google.com/+profesionalisme+guru+di+era+digital&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2023
Fauzi, N., Giyoto, G., & Muharrom, F. (2021). Analisis Manajemen Dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 433. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2250
Ikbal, P. A. M. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta`dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK. 4(3), 4–7.
Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153. https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.07
Muhammad Iqbal, P. A. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. 3(1), 65–75.
Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050
Muttaqien, I. Z., Maryati, M., & Permana, H. (2023). Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6798–6811.
Nurlindah, N., Mustami, M. K., & Musdalifah, M. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893
Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal …, 5(1), 1–12.
Prayogi, D. R., & Estetika, R. (2019). KECAKAPAN ABAD 21: KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA DEPAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Santoso, F. B. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0 PENGEMBANGAN, 108–115.
Seminar, P., Pendidikan, N., Pascasarjana, P., & Pgri, U. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 03 mei 2019. 628–638.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sutarman, A., Wardipa, gusti putu, & Mahri. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. 5(02), 229–238.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762
Wicaksnono, arif M. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Surakarta. 20, 50–64.
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Wildasari. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. II(1), 100–114.