PENGELOLAAN KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Fakrijal Fakrijal, Yusriman Yusriman

Abstract

Di masa modern yang serba digital, peningkatan kapabilitas tenaga pengajar menjadi sebuah keharusan, sejalan dengan pesatnya kemajuan sains dan teknologi. Berbagai aspek kompetensi pengajar, mulai dari kemampuan mengajar, aspek personal, interaksi sosial, hingga keahlian dalam bidangnya perlu dikembangkan, ditambah dengan penguasaan teknologi digital. Kajian ini menerapkan studi literatur melalui pengumpulan beragam sumber yang relevan dengan topik pembahasan. Pengajar pada era teknologi ini dituntut memiliki kapasitas untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bernilai, menggembirakan, inovatif, aktif dan interaktif. Di samping itu, para tenaga pendidik di zaman yang dipenuhi perangkat digital ini perlu meningkatkan kecakapan teknologisnya agar tetap relevan dengan perkembangan masa kini. Hal ini mencakup kemahiran dalam penggunaan sistem pembelajaran daring, pemanfaatan media yang interaktif, serta pengintegrasian berbagai teknologi digital dalam proses belajar-mengajar.

Keywords

Kompetensi pendidik, era digital.

References

Akbar, F. (2022). Strategi Guru Profesional Menghadapi Era Digital. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:HjtKAtQ2ssoJ:scholar.google.com/+profesionalisme+guru+di+era+digital&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2023

Fauzi, N., Giyoto, G., & Muharrom, F. (2021). Analisis Manajemen Dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 433. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2250

Ikbal, P. A. M. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta`dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK. 4(3), 4–7.

Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153. https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.07

Muhammad Iqbal, P. A. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. 3(1), 65–75.

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050

Muttaqien, I. Z., Maryati, M., & Permana, H. (2023). Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6798–6811.

Nurlindah, N., Mustami, M. K., & Musdalifah, M. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893

Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal …, 5(1), 1–12.

Prayogi, D. R., & Estetika, R. (2019). KECAKAPAN ABAD 21: KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA DEPAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Santoso, F. B. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0 PENGEMBANGAN, 108–115.

Seminar, P., Pendidikan, N., Pascasarjana, P., & Pgri, U. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 03 mei 2019. 628–638.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Sutarman, A., Wardipa, gusti putu, & Mahri. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. 5(02), 229–238.

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762

Wicaksnono, arif M. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Surakarta. 20, 50–64.

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273

Wildasari. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. II(1), 100–114.