Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi siswa Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 1 Bandar Baru

Ervina Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Terhadap Motivasi siswa Pada Materi Sistem gerak pada manusia di SMA N 1 Bandar Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Baru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 150 siswa. Sampel sebanyak 50 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (Penerapan Make a match) sebanyak 25 siswa, dan kelas kontrol (Tanpa (Penerapan Make a match) sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket model Rating Scale dan hasil penelitian dianalisis secara deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada ke dua kelas perlakuan memiliki motivasi belajar yang berkategori ‘ baik ‘ untuk setiap indikator yang dinilai (78,775 % untuk kelas eksperimen dan 76,975% untuk kelas kontrol). Peningkatan motivasi belajar pada kelas dengan penerapan Make A Match hanya sebesar 0,02 (1,8 point) dibandingkan dengan kelas kontrol untuk ke delapan indikator yang dinilai.

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, Motivasi siswa, Sistem gerak pada manusia.

References

Ali, Hamdah. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Konsep Reproduksi Manusia Di Kelas IX B SMP Negeri 2 Pangsid (The Improvement of The Students’ Biology Learning Result Through The Application of Make A Match Cooperative Learning Model on Human Reproduction Concept At IX B Class SMP Negeri 2 Pangsid). Bionature Vol. 11 (1): Hlm: 29 - 36, April 2010 ISSN: 1411-4720. Halaman: 29-36. Diakses tanggal 23 Juli 2016.

Curran, L., 1994. Metode Pembelajaran Make A Match. Jakarta : Pustaka Belajar.

Djumiati, 2010. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas Vi Sdn Banyumanik 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mikran,dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako ISSN 2338 - 3240. Sulawesi Tengah. FMIPA Tadulako

Riduwan dan Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saparwadi, L., 2015. Penaruh Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Matematika Indonesia. Vol 8 (1).

Slavin, Robert E., 2009. Cooperative Learning ( Teori, Riset, Praktik). Bandung : Nusa Media.

Sudjana,N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, R. 2014. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung; Penerbit Alfabet.

Syarif, Izzudin (2012) Pengaruh Penerapan Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Paringin. S2 thesis, UNY.