ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM TERBUKA PADA MATA KULIAH BUDIDAYA TANAMAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

Tursina Akmalia, Ervina Dewi, Makawiyah Makawiyah

Abstrak


ABSTRACTThis study analyzes the use of open laboratories in learning activities of plant cultivation courses at Jabal Ghafur University. With the potential of large campus land, open laboratories are used to explain theory and practice and improve student understanding. Using a qualitative approach with a case study type of research, it aims to understand in depth how open laboratories are utilized and their impact on student understanding. This study involved 20 Biology Education students at Jabal Ghafur University as samples (total sampling).Data collection techniques include interviews, non-participant observation, documentation and questionnaires. Data analysis uses descriptive percentages to measure the level of utilization. The research procedure was carried out in three stages: preparation problem identification, instrument preparation,implementation (data collection: interviews, observations, documentation), and evaluation (data analysis, drawing conclusions). The results showed that the majority of students gave positive responses to the use of open laboratories. A total of 10 people (72.5%) gave an assessment in the high category, and 7 people (81.25%) in the very high category. Only a few students gave medium (2 people, 55%) and low (1 person, 48.75%) responses, and none gave very low responses. Demographic data showed that 20% of respondents were male and 80% were female. In conclusion, the use of open laboratories was very well received by students and was able to have a significant impact on their understanding or motivation to learn in plant cultivation courses.Keywords: Open Laboratory, Plant CultivationABSTRAKPenelitian ini menganalisis pemanfaatan laboratorium terbuka dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah budidaya tanaman di lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Dengan potensi lahan kampus yang luas, laboratorium terbuka dimanfaatkan untuk menghubungkan teori dan praktik serta meningkatkan pemahaman mahasiswa. menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan untuk memahami secara mendalam bagaimana laboratorium terbuka digunakan dan dampaknya terhadap pemahaman mahasiswa. Penelitianinimelibatkan 20 mahasiswa PendidikanBiologi Universitas Jabal Ghafu rsebagai sampel (total sampling). Teknikpengumpulan data meliputiwawancara, observasi non-partisipan, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengukur tingkat pemanfaatan. Prosedur penelitian dilakukan dalam tigat ahap:persiapan identifikasi masalah, penyusunan instrumen, pelaksanaan (pengumpulan data:wawancara, observasi, dokumentasi), dan evaluasi (analisis data, penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan laboratorium terbuka. Sebanyak 10 orang (72,5%) memberikan penilaian pada kategori tinggi, dan 7 orang (81,25%) pada kategori sangat tinggi. Hanya sedikit mahasiswa yang memberikan respons kategori sedang (2 orang, 55%) dan rendah (1 orang, 48,75%), serta tidak ada yang memberikan respons sangat rendah. Data demografi menunjukkan 20% responden laki-laki dan 80% perempuan. Kesimpulannya, pemanfaatan laboratorium terbuka sangat diterima dengan baik oleh mahasiswa dan mampu memberikan dampak signifikan terhadap pemahaman atau motivasi belajar mereka dalam mata kuliah budidaya tanaman.Kata Kunci: Laboratorium Terbuka, Budidaya Tanaman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ambarsari, A. (2020). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Vol. 1 No. 1, hlm. 791-798. DOI: 10.24036/prosemnasbio/vol1/102.

Bambang W. H., dkk. (2022). Dalam Widyastuti, D., dkk. (2023), Ilmu Pertanian: definisi & tahapan budidaya tanaman. ResearchGate.

Bretz, S. L. (2019). Evidence for the Importance of Laboratory Courses. Journal of Chemical Education, 96(2), 193–195.

Budiarti, L. (2022). Peran Laboratorium Terbuka dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 78–86.

Elfarisna, E., Rahmayuni, E., Fitriah, N., Nur, N., Sukrianto, & Adawiyah. (2021). Mengajar Budidaya Tanaman Hias di Yayasan Assyifa Al Islami. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, hlm. 1–6.

Fitriani, R., & Setiawan, D. (2020). Konservasi Tanah melalui Mulsa dan Rotasi dalam Budidaya Tanaman. Jurnal Tanah dan Pupuk, 7(1), 45–55. https://jtanahpupuk.ac.id/article/view/45.

Fitriana, R. (2021). Pemanfaatan Varietas Unggul dalam Budidaya Hortikultura di Lahan Terbatas.Jurnal Hortikultura Tropika, 8(3), 150–165.

Hartini, E. (2019). Laboratorium Tertutup. Jurnal Sains dan Pendidikan, 1(1), 28-39.

Harris, J., & Gray, T. (2023). Potensi laboratorium terbuka. Jurnal Pendidikan, 11(1), 123–134.

Purwanto, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis.Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 6 No. 2, hlm. 676–683. DOI: 10.31949/educatio.v6i2.723.

Ramadhani, P., Fuadiyah, S., & Yogica, R. (2021). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa.Prosiding Seminar Nasional Biologi, Vol. 1 No. 1, hlm. 791–798.

Saraswati, N. L. P. A., & Rauf, M. (2024). Laboratorium Terbuka dalam Pendidikan Seni dan Humaniora: Eksperimen Kreatif di Luar Ruangan.Jurnal Seni dan Humaniora Terapan, 2(1), 10–24.

Sembiring, A. (2021). Konsep Laboratorium Terbuka. Jurnal Pendidikan, 9(1),

-23.

Setiawan, A., Pratama, D., & Nugroho, S. (2019). Implementasi Laboratorium Terbuka pada Pendidikan Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Indonesia, 5(2), 98–112.

Sumarno. (2020). Laboratorium Alam: Ruang Pengamatan Ekosistem Secara Alami. Optik Pendidikan Pertanian (Bab). UM Jakarta Press, Tangerang Selatan, pp. 87–101.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 21; xviii + 334 hal.): Alfabeta.

Waoma, E. (2022). Dampak Serangan Hama Terhadap Pendapatan Petani Cabai di Cianjur. JurnalAgrifo, 9(2), 98–109.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.