PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Fka Fatma Jumira, Junaidi Junaidi, Suci Maulina

Abstract


Literasi matematika termasuk salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke 21. Namun, pada hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia menurun. Salah satu pembelajaran yang dianggap efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan siswa juga dapat mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran PjBL dalam meningkatkan literasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Tiga Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, maka terpilihlah dua kelas dengan setiap kelasnya terdiri dari 30 siswa, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan khusus dengan menerapkan pembelajaran PjBL dan kelas  X-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk soal uraian. Berdasarkan uji prasyarat, data menunjukkan tidak berdistribusi normal dan homogeny, sehingga analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik. Hasil uji hipotesis N-Gain menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, kemampuan literasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PjBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar secara konvensional.


References


Amri, L. A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning DalamMeningkatkan Literasi Matematika Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Nu 11 Purbasari (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Astria, R., Haji, S., Sumardi, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di SMA Negeri 6 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Ayuningtyas, N., & Dhewy, C. R. (2018). Penerapan PjBL terhadap Kemampuan Literasi Matematis (Uncertainty And Data) untuk Siswa.

DikaYuriza, S. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa pada Aspek Fleksibilitas Menggunakan Model Project Based Learning di SMP Negeri 3 Langsa. At-Tafkir.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika.

Hamidah, K. F. N., Hartini, H., &Listiani, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Matematika pada Siswa Kelas Tinggi SDN Tamanarum 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar.

Hanum, A., Mujib, A., &Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat.

Hidayat, Y. R., Wijayanti, P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Perbedaan Kecerdasan Visual-Spasial. Mathe Dunesa.

Jannah, R., Budi Waluya, S., &Asikin, M. (2021). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJOIS.

Maysarah, S., Saragih, S., Napitupulu, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik Dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. Aksioma. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Muzaki, A., Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX a. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Sari, R. T., Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varidika.

Setiawan, H., Dafik, N. D. S. L., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.

Wicaksana, Y., Wardono, W., &Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.