ANALISIS MINAT SISWA PADA PROGRAM ILMU SOSIAL DALAM MEMILIH LINTAS MINAT BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 MUTIARA KABUPATEN PIDIE
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, Y., & Darussyamsu, R. 2020. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran OnlineMata Pelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid- 19. Bioilmi:
Anas.S. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Djaali. 2008. PsikologiPendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Hamalik.O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasyim, M & Iqbal, M. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus. Vol.1, No.2.
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak (Jilid Edisi keenam). Jakarta: Erlangga. Jurnal Pendidikan, 6(2), 8693.https://doi.org/10.19109/bioil mi.v6i2.6980Kemendikbud. 2013. Peminatan Peserta Didik SMA dan SMK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawati., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Armansyah, A. 2022. Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal,(2),56-63. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.10 91
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Makaborang, Yohana. 2019. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):130– 45.
Malikhatun, I. 2019. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SD Dabin Ii Kecamatan Margadana Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Megasari, S. N. 2015. Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Pandansari Warungasem Batang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Meliawati, W., Triastono, & Masjhudi. 2016. Survei Pelaksanaan Lintas Minat pada Mata pelajaran Biologi Beserta Analisis Kendala Pelaksanaan di SMA Negeri Se Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati. (1):11-21.
Munif, M. A. 2019. Pengaruh Minat Siswa Pada Mapel Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Mangkang. Disertasi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Panjaitan, C. 2014. Analisis Minat Belajar Biologi pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan
Refbacks
- There are currently no refbacks.