ANALISIS MINAT SISWA PADA PROGRAM ILMU SOSIAL DALAM MEMILIH LINTAS MINAT BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 MUTIARA KABUPATEN PIDIE

Khairatun Nisa, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa IPS dalam memilih lintas minat Biologi pada siswa IPS di SMA Negeri 2 Mutiara tahun ajaran 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah eksploratif kualitatif dengan populasi yaitu seluruh kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 2 Mutiara Tahun ajaran 2024. sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 siswa, 30 siswa kelas XI dan 30 siswa kelas XII IPS. Teknik pengambilan sampel di ambil dengan teknik purposive sampling dengan menentukan terlebih dahulu jumlah sampel yang akan di ambil. Intrumen penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 20 pertanyaan dan wawancara. pada kelas XI secara keseluruhan dapat digolongkan dalam kategori tinggi atau cukup baik, dengan persentase 69,54%, sedangkan pada kelas XII secara keseluruhan dapat digolongkan dalam kategori tinggi atau cukup baik, dengan persentase 72,29%. Hasil Wawancara dengan Siswa SMA Negeri 2 Mutiara bahwasanya “kami belajar lintas minat Biologi” siswa jurusan IPS antusias mengikuti program tersebut dan mereka senang belajar lintas minat karna dapat mempelajari mata pelajaran yang bukan di jurusannya.Kata kunci : Minat, Siswa IPS,Pada Pelajaran Biologi

References


Amelia, Y., & Darussyamsu, R. 2020. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran OnlineMata Pelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid- 19. Bioilmi:

Anas.S. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Djaali. 2008. PsikologiPendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Hamalik.O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasyim, M & Iqbal, M. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus. Vol.1, No.2.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak (Jilid Edisi keenam). Jakarta: Erlangga. Jurnal Pendidikan, 6(2), 8693.https://doi.org/10.19109/bioil mi.v6i2.6980Kemendikbud. 2013. Peminatan Peserta Didik SMA dan SMK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Armansyah, A. 2022. Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal,(2),56-63. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.10 91

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Makaborang, Yohana. 2019. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):130– 45.

Malikhatun, I. 2019. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SD Dabin Ii Kecamatan Margadana Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Megasari, S. N. 2015. Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Pandansari Warungasem Batang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meliawati, W., Triastono, & Masjhudi. 2016. Survei Pelaksanaan Lintas Minat pada Mata pelajaran Biologi Beserta Analisis Kendala Pelaksanaan di SMA Negeri Se Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati. (1):11-21.

Munif, M. A. 2019. Pengaruh Minat Siswa Pada Mapel Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Mangkang. Disertasi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Panjaitan, C. 2014. Analisis Minat Belajar Biologi pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.