KEANEKARATGAMAN MOLLUSCA KELAS BIVALVIA DI SUNGAI DUSUN BANDAR GIGIENG DESA PEUKAN TUHA KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizah, M. 2014. Koreksi Antara Kelimpahan Vegetasi Magrove dan Kerang Totok Polymesoda erosa Dengan Faktor Lingkungan di Segara Anakan, Cilacap. Jurnal Sains Natural, 4(1), 76-84.
Anna, Jestica. 2022.Pengertian dan Jenis-jenis Sungai.https://adjar.grid. id/read/543091921/pengertian-dan-jenis-jenis-sungai. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2022.
Afrriyanti, S. 2020. Keanekaragaman Bilvalvia di Ekosistem Agrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan. Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry.
Cabral, Dandra Silvi, dkk. 2022. Apakah Zat Besi Dan Mangan Mempengaruhi Kesehtan Tiram Muara Crassostrea Rhizophorae?. Ilmu Muara, Pesisir dan Paparan, 268, 107800.
Fachrul, M. F. 2010. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara. Jakarta.
Irwan, H. 2014. STUDI Biologi Dan Ekologi Hewan Filum Mollusca Di Zona Litoral Pesisir Timur Pulau Bintan. Dinamika Marotim, 4(1), 10-26.
Maretta, Gres, Nurhaida Widiani Hasan, and Nelly Indra Septiana. 2019. Keanekaragaman Molluska di Pasir Putih Lampung Selatan. Biotropika: journal of Tropical Biology, 7(3), 87-94.
Marullah, D. 2021. Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Sumber Bioetanol Di Kabupaten Bener Meriah. Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry. Banda Aceh.
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Notji, Anuggerah. 2002. Laut Nusantara. Cet. III; Jakarta: Djambatan.
Nur, T . 2017. Studi Keanekaragaman Kerang-Kerangan (Kelas Bivalvia) di Pantai Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Dokter Dissertation, IAIN Palangka Raya.
Rifiana, Seldha Fathya. 2022. Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?. https://amp.kompas.com/skola/read/2022/11/17/170743869/mengapa-indonesia-dikenal-sebagai-negara-maritim. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2022.
Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Surabays: Usaha Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.