PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Naziratul Husna, Hery Saputra, Muhsin Muhsin

Abstrak


ABSTRAK

Siswa di sekolah dasar dan menengah perlu menjadi komunikator yang mahir untuk belajar matematika. Siswa dapat menyusun proses berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik Open-ended. Dalam teknik kuasi-eksperimental penelitian ini, desain kelompok kontrol non-ekuivalen diadopsi. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sakti kelas X. Purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel dalam penelitian ini. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Sementara kelas kontrol mempraktikkan pembelajaran tradisional, kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran terbuka. Tes kemampuan komunikasi matematis digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metodologi open-ended. Uji T Independen Non-parametrik digunakan untuk menganalisis data dengan dua rata-rata. Skor N-Gain mencapai nilai signifikansi 2 arah dari uji hipotesis < 0,05 yaitu 0,00 dari 47 derajat kebebasan, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, adalah mungkin untuk menerima klaim studi bahwa menggunakan metode open-ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada instruksi tradisional.

Kata Kunci : Open-ended, Purposive sampling,Kemampuan Komunikasi Matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.