PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Naziratul Husna, Hery Saputra, Muhsin Muhsin

Abstrak


ABSTRAK

Siswa di sekolah dasar dan menengah perlu menjadi komunikator yang mahir untuk belajar matematika. Siswa dapat menyusun proses berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik Open-ended. Dalam teknik kuasi-eksperimental penelitian ini, desain kelompok kontrol non-ekuivalen diadopsi. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sakti kelas X. Purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel dalam penelitian ini. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Sementara kelas kontrol mempraktikkan pembelajaran tradisional, kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran terbuka. Tes kemampuan komunikasi matematis digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metodologi open-ended. Uji T Independen Non-parametrik digunakan untuk menganalisis data dengan dua rata-rata. Skor N-Gain mencapai nilai signifikansi 2 arah dari uji hipotesis < 0,05 yaitu 0,00 dari 47 derajat kebebasan, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, adalah mungkin untuk menerima klaim studi bahwa menggunakan metode open-ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada instruksi tradisional.

Kata Kunci : Open-ended, Purposive sampling,Kemampuan Komunikasi Matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.