PENINGKATAN KEAKTIFAN SERTA HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, M. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018, TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 43-57.
Alhaidar, Ahmad Azwar Alvisin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Parafrase Dengan Menggunakan Discovery Strategy Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Raden Rahmat Krangrejo Surabaya.Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.
Asmani, Jamal Ma'mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif,. Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.
Campbell, N. A & Jane B. Reece. 2012. Biology Edisi 8 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Chalik, R., 2016. Anatomi Fisiologi Manusia. Jakarta: Kementrian Kesehatan. Republik Indonesia.
I Gusti Ayu Tri Agustina. 2014. Konsep Dasar IPA: Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.
Makawiyah & Zuraida. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Dipadu Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera Manusia Di SMA Negeri Kecamatan Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset Vol 1, No 2, Oktober 2019,ISSN:2685-1024
Marzano, R.J, dan Kendall, J.S. 2006. Designing and Assesing EducationalObjectives. UK: Sage Company, Corwin press.
Priyono dan Titik Sayekti, 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: PusatPerbukuan.
Rahayu. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Putra.
Rohani, Ahmad.2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rumiati Devi A. 2017. Faktor Penyebab Penurunan Status Gizi Renda Pada Penderita Tb Paru Di Rsud Dr. Soegiri Lamongan. Jakarta: Universitas Air Langga
Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: Pustaka Media Guru.
Sinar. 2018. Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil. Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.
Silberman, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta : Permata Puri Media.
Sudjana, Nana 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Suarni. 2017. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor T.A. 2014/2015”. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), Volume 1, Nomor 2 (hlm. 129-140).
Suprijono.Agus, 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syafei, F. Y. Suherman & Yusmet, R. 2012. Metode Active Learning Tipe Learning Start Wiht A Question Pada Pembelajran Matematika Di SMPN 33 Padang. Jurnal pendidikan matematika. 1(1):7074.
Thobroni, M., dan Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wawancara dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran.Jakarta: Kencana.
Zubaidah, S., dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Kementrian dan Kebudayaan, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.