PENINGKATAN KEAKTIFAN SERTA HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE

Riska Julidar, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstract


ABSTRACTThis study aims to determine the increase in student activeness and learning outcomes by using the learning starts with a question learning model on the subject of human respiratory system at SMP Negeri 1 Mila, Pidie Regency. The method used is control group pre-test post-test. The instrument used is a student observation sheet to measure student activeness and test questions for student learning outcomes. Analysis of the results of the research on student activity used percentages while learning outcomes used the t-test. The research data were tabulated into a frequency distribution list, then analyzed with a t-test at 0.05 significance level on the acquisition of student learning outcomes in the control class and experimental class. The results showed that there was an increase in student activeness and learning outcomes between the experimental class and the control class with a tcount of 3.38, while the ttable was 1.67 at a significance level of 0.05, which means that the application of learning starts with a question learning model can increase activeness and learning outcomes on the subject of respiratory system in humans at SMP Negeri 1 Mila, Pidie Regency. Keywords : Learning starts with a question learning model, activeness, learning outcomes, human respiratory system. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran learning starts with a question pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan adalah control group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan lembar observasi peserta didik untuk mengukur keaktifan peserta didik dan soal tes untuk hasil belajar peserta didik. Analisis hasil penelitian keaktifan peserta didik menggunakan persentase sedangkan hasil belajar menggunakan uji-t. Data hasil penelitian ditabulasikan ke dalam daftar distribusi frekuensi, selanjutnya di analisis dengan uji-t pada taraf signifikasi 0,05 terhadap perolehan nilai hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung 3,38 sedangkan ttabel 1,67 pada taraf signifikan 0,05 artinya penerapan model pembelajaran learning starts with a question dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Starts With A Question, keaktifan, hasil belajar, Sistem Pernapasan Manusia.  

References


Afandi, M. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018, TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 43-57.

Alhaidar, Ahmad Azwar Alvisin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Parafrase Dengan Menggunakan Discovery Strategy Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Raden Rahmat Krangrejo Surabaya.Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif,. Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.

Campbell, N. A & Jane B. Reece. 2012. Biology Edisi 8 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Chalik, R., 2016. Anatomi Fisiologi Manusia. Jakarta: Kementrian Kesehatan. Republik Indonesia.

I Gusti Ayu Tri Agustina. 2014. Konsep Dasar IPA: Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

Makawiyah & Zuraida. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Dipadu Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera Manusia Di SMA Negeri Kecamatan Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset Vol 1, No 2, Oktober 2019,ISSN:2685-1024

Marzano, R.J, dan Kendall, J.S. 2006. Designing and Assesing EducationalObjectives. UK: Sage Company, Corwin press.

Priyono dan Titik Sayekti, 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: PusatPerbukuan.

Rahayu. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Putra.

Rohani, Ahmad.2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rumiati Devi A. 2017. Faktor Penyebab Penurunan Status Gizi Renda Pada Penderita Tb Paru Di Rsud Dr. Soegiri Lamongan. Jakarta: Universitas Air Langga

Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Sinar. 2018. Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil. Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.

Silberman, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta : Permata Puri Media.

Sudjana, Nana 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Suarni. 2017. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor T.A. 2014/2015”. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), Volume 1, Nomor 2 (hlm. 129-140).

Suprijono.Agus, 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syafei, F. Y. Suherman & Yusmet, R. 2012. Metode Active Learning Tipe Learning Start Wiht A Question Pada Pembelajran Matematika Di SMPN 33 Padang. Jurnal pendidikan matematika. 1(1):7074.

Thobroni, M., dan Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wawancara dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran.Jakarta: Kencana.

Zubaidah, S., dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Kementrian dan Kebudayaan, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.