Fokus dan Ruang Lingkup
Focus:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Biomafika adalah sebuah jurnal yang berfokus pada pengembangan dan penyebarluasan penelitian terkait pendidikan Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Jurnal ini bertujuan untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang pembelajaran dan pengajaran MIPA di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Fokus jurnal ini mencakup berbagai aspek, termasuk metode pembelajaran, desain kurikulum, pengembangan materi ajar, evaluasi pembelajaran, dan teknologi pendidikan terkait dengan bidang MIPA.
Scope:
Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA menerima kontribusi penelitian asli, ulasan literatur, studi kasus, dan tulisan teoretis yang berkaitan dengan pendidikan MIPA. Berikut adalah beberapa topik yang sesuai dengan cakupan jurnal ini:
- Strategi Pembelajaran MIPA: Penelitian yang membahas strategi dan pendekatan pembelajaran efektif dalam konteks pendidikan MIPA. Ini termasuk penerapan metode eksperimental, inkuiri, penemuan, kolaborasi, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran MIPA.
- Pengembangan Kurikulum: Artikel yang menggambarkan perancangan dan pengembangan kurikulum MIPA yang inovatif, mencakup penekanan pada penerapan pendekatan interdisipliner, integrasi teknologi, dan keberlanjutan lingkungan.
- Pengembangan Materi Ajar: Kontribusi yang menguraikan pengembangan materi ajar MIPA yang berfokus pada pemahaman konsep, aplikasi kontekstual, dan penggunaan sumber daya pembelajaran yang beragam, seperti media interaktif, laboratorium virtual, dan eksperimen praktis.
- Evaluasi Pembelajaran: Studi evaluasi yang mengidentifikasi keberhasilan implementasi pembelajaran MIPA dan dampaknya terhadap pemahaman siswa. Termasuk juga penelitian tentang pengembangan dan validasi instrumen evaluasi dalam konteks pendidikan MIPA.
- Teknologi Pendidikan MIPA: Artikel yang mengeksplorasi penerapan teknologi pendidikan dalam pembelajaran MIPA, termasuk penggunaan simulasi, perangkat lunak, perangkat mobile, dan platform pembelajaran daring.
- Kajian Teori: Tinjauan teoretis atau analisis kritis tentang topik terkait pendidikan MIPA, termasuk isu-isu sosial dan etika dalam pembelajaran MIPA, pembelajaran berbasis kompetensi, atau penelitian pendidikan MIPA yang berfokus pada kelompok khusus seperti anak dengan kebutuhan khusus.
Editor Jurnal Biomafika mengundang peneliti, pendidik, dan praktisi pendidikan MIPA untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam upaya meningkatkan pembelajaran dan pengajaran MIPA. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan pendidikan MIPA yang lebih baik dan membangun fondasi ilmiah yang kuat bagi praktik pembelajaran yang efektif.
Kebijakan Bagian
Artikel
![]() |
![]() |
![]() |
Kebijakan Akses Terbuka
Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.