PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, E- MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN PADA USAHA NISA PELAMINAN

Zahara Phonna, Cut Italina, Mahrizal Mahrizal

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara faktor Online Customer Review, E-marketing dan Inovasi produk terhadap permintaan konsumen pada Usaha Nisa Pelaminan di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Sampael dalam penelitian ini 100 orang konsumen, data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, analisis data menggunakan regressi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 87,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor online customer review, e-marketing dan inovasi produk dengan permintaan konsumen memiliki hubungan yang erat dengan nilai sebesar 87,1% dalam katagori hubungan yang sangat kuat. Koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 0,758 atau 75,8% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor faktor online customer review, e-marketing dan inovasi produk dengan permintaan konsumen sebesar 75,8% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000). Uji F diperoleh F-hitung sebesar 100.416 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, (2023). PENGARUH INOVASI PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PERMINTAAN PRODUK. Forum Ilmiah Volume 20 No 1 Januari 2023

aisyah, Mella Nur. (2021). PENGARUH E-MARKETING, INOVASI, DAN KREATIVITAS TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA ONLINE SHOP MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM). JIAGABI ISSN 2302 - 7150 Vol. 10, No. 2, Agustus 2021, hal. 226-231.

Aminuddin, Iwan. (2022). Pengaruh Faktor Penggunaan E-Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hartanimart.Com. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika Volume 20 No. 2 September 2022 P-ISSN 1411-8637 E-ISSN 2550-1178 DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v17i2.

Andi, Erniati, (2021). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI E-MARKETING PADA PT. PRAPTA MAKASSAR. Jurnal, p-ISSN: 1978-3035 – e-ISSN: 2775-4677 Vol. 10, Nomor 2 | Juli – Desember, 2021

Ardani, dkk. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN, Jurnal Tadbir Peradaban, January 2022, 2(1):40-4 DOI:10.55182/jtp.v2i1.102

Astuti, E., Saragih, N. E., & Rusmini, R. (2022). Analisis Permintaan Pelanggan terhadap Penjualan Air Minum dengan Metode Rought Set dan Regresi Linier. Remik, 6(4), 754–765. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11680

Ardin, Wildhan. (2024). Digital Marketing, Online Customer Review, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UMSIDA pada E-Commerce Shopee, Jurnal E-Bis, Ekonomi Bisnis, Vol. 8 No. 2 (2024): Vol. 8 No.2 2024, https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1874

Ariesty, Fitri Rizky. (2023). Peran Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil Agribisnis di Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Volume 12, Number 3, 2023 pp. 556-563 P-ISSN: 2303-2898 | E-ISSN: 2549-6662 DOI: https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.67832.

Desiyani, R. E., Agustiansyah, L. D., & Maelani, P. (2022). Pengaruh Keunikan Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Husada Pratama. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 99–111. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.73

Dhameria, V. (2021). Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk, konduktivitas store environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsif (studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIII(1), 1–44.

Fauziah, (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. VOL. 1 NO. 1 (2023): JURNAL KOMUNIKASI DAN ILMU SOSIAL (JANUARI-MARET 2023), DOI: https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.118.

Haris, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 72–86. https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i1.61

Indrie, Raymond, dkk (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW,ONLINE CUSTOMER RATING, DAN CASH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI VOL. 11 NO. 1 JANUARI-APRIL, 1170-1183.

Jacobus, T. (2022). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Freshmart Superstore Bahu Manado di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 10(4), 95–105

Lewerissa, D. (2023). Pengaruh penetapan harga terhadap permintaan konsumen pada iyana store di kota nabire. 16(1), 67–84.

Masibbuk, I., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dantata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). 411 Jurnal EMBA, 7(1), 411–420.

Muhammad Niza, Utami. (2022). PENGARUH E-COMMERCE DAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS: UMKM KOTA BINJAI, Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah ISSN: 2527 - 6344 (Printed), ISSN: 2580 - 5800 (Online) Accredited No. 30/E/KPT/2019 DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i4.13223 Volume 7, No. 4, 2022 (1209-1219)

Moh, T. B., & Sanjaya, I. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Economic and Islamic Research, 1(2), 153–164.

Muhtadi, M. F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(2), 14–25.

Muyati, Yofina, (2024). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang, March 2020, Jurnal Maksipreneur Manajemen Koperasi dan Entrepreneurship 9(2):173, DOI:10.30588/jmp.v9i2.538

Nofrizal, N. (2021). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(3), 219–226. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226

Pratama, C. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Air Kemasan Merek Yeh Buleleng Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2022 P-ISSN: 2685-5526, 11(2), 180–187.

Rafika, L. A., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Teh Raja. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 23(1), 96–108. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.11278

Rosnani. (2019). Analisis pengaruh kualitas,promosi dan keunikan produk terhadap keputusan pembelian souvenir amanda collection. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 775–766.

Samosir, N. E., Siagian, N., Nst, R. R., & Frisnoiry, S. (2023). Pengaruh Permintaan dan Penawaran terhadapPerekonomian. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(8), 1799–1805.

Siti Syuha, Alexandro, R., Uda, T., Dehen Erang, Daniel, S., & Hendrowanto Nibel. (2022). Analisis Permintaan Konsumen Terhadap Produk Pada Alexindo Aluminium Di Jalan Irian Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(2), 57–65. https://doi.org/10.37304/ej.v3i2.4973

Tamonsang, M., & Amalia, E. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Nilai Pelanggan ( Customer Value ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Krupuk Rambak Kulit Sapi Magetan ( Studi Kasus pada Pelanggan Perusahaan Krupuk Rambak Kulit Sapi Cap Sapi Lancar di Desa Mojopurno Kota Magetan ). 2, 2–9.

Umawaitina, D., Kumaat, R. M., Rori, Y. P. I., Sosial, J., Pertanian, E., Pertanian, F., & Sam, U. (2019). Permintaan Konsumen Terhadap Beras Di Pasar Bersehati Kota Manado. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan), 1(1), 103–112.

Wibowo, R. S. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk, Promosi Penjualan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rally Variasi Kedungdoro Surabaya. 5(3), 248–253.

Widijanarko, A. (2022). Analisis Pengaruh Produk dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Kepuasan Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Vol. 7, Nomor 2). https://doi.org/10.14710/jspi.v7i2.151-168

Yunitasari, S. S. Y. S., & Anwar, M. (2022). Analisis Keunikan Produk dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Busana Muslim di Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2885




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i3.3239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

Centered Image
Centered Image