Pengaruh Keunggulan Model dan Relationship Terhadap Permintaan Konsumen Sepeda Motor Roda Dua Dengan Keterikatan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Dealer Motor PT. Cappella Dinamik Nusantara di Kabupaten Pidie
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk “Pengaruh Keunggulan Model dan Relationship Terhadap Permintaan Konsumen Sepeda Motor Roda Dua Dengan Keterikatan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Dealer Motor PT. Cappella Dinamik Nusantara di Kabupaten Pidie. Dimana variabel independen (X) yaitu oriensi keunggulan model dan Relationship variabel moderating (M) yaitu Keterikatan Pelanggan dan Permintaan Konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Sepeda Motor Roda Dua Pada Dealer Motor PT. Cappella Dinamik Nusantara di Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung Keunggulan model terhadap keterikatan pelanggan positif dan signifikan. Pengaruh langsung Keunggulan model terhadap keterikatan pelanggan positif dan signifikan pengaruh langsung Relationship terhadap keterikatan pelanggan positif dan tidak signifikan. Pengaruh langsung Keunggulan model terhadap keterikatan pelanggan positif dan tidak signifikan. Pengaruh langsung permintaan aksesoris terhadap keterikatan pelanggan pembeliann positif dan signifikan. Pengaruh keuanggulan model berpengaruh positif terhadap permintaan yang dimediasi oleh keterikatan pelanngan. Pengaruh Relationship berpengaruh positif terhadap permintaan yang dimediasi oleh keterikatan pelanngan.
Kata Kunci : Keunggulan Model, Relationship, Permintaan Konsumen, Keterikatan Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anofa, R. W., Santoso, A., & Setiawan, F. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 664–680. https://doi.org/10.53363/buss.v2i3.88
Bahari, A. F. (2019). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839
Butarbutar, M., & Simatupang, S. (2021). Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi Brand Loyalty dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Affiliation. 04(01). https://doi.org/10.35138/organu
Caroline, C. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention Cory. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention, 15(2), 72–80.
Deviana, S., & Desitama, F. S. (2023). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman , Kualitas Pelayanan dan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada CV Tunas Rimba Di Kabupaten Tulungagung. YUME : Journal of Management, 6(2), 496–514. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/4301/2795
Islani Ruchiyat, E., A. Manafe, H., Sia Niha, S., & Paridy, A. (2023). Pengaruh Orientasi Pesaing, Orientasi Konsumen dan Peran Pemerintah terhadap Kinerja Pemasaran UMKM pada Wisata Kuliner Oepoi Kupang dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 918–932. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5.1609
Lewerissa, D. (2023). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Permintaan Konsumen Pada Iyana Store Di Kota Nabire. 16(1), 67–84.
Pramono, H. (2021). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melaui Keterikatan Pelanggan. Prosiding Working Papers Series In Management, 13(2), 350–364. https://doi.org/10.25170/wpm.v13i2.3191
Putra, E. Y., & Liesty Indriani, V. (2023). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Brand Loyalty pada Coffee Shop yang ada di Batam. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 9. https://doi.org/10.19184/ejeba.v10i1.37121
Rafika, L. A., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Teh Raja. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 96–108. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.11278
Rianto, S. (2019). Pengaruh Keunggulan Produk, Mutu Strategi Dan Keunggulan Biaya, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Tegal). Solusi, 16(4), 107–124. https://doi.org/10.26623/slsi.v16i4.1670
Siti Syuha, Alexandro, R., Uda, T., Dehen Erang, Daniel, S., & Hendrowanto Nibel. (2022). Analisis Permintaan Konsumen Terhadap Produk Pada Alexindo Aluminium Di Jalan Irian Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(2), 57–65. https://doi.org/10.37304/ej.v3i2.4973
Teneka, G. N. K., & Hasin, A. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pada UKM Batik di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa …, 04(01), 146–167. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24903%0Ahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/download/24903/14174
Umawaitina, D., Kumaat, R. M., Rori, Y. P. I., Sosial, J., Pertanian, E., Pertanian, F., & Sam, U. (2019). Permintaan Konsumen Terhadap Beras Di Pasar Bersehati Kota Manado. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Pedesaan), 1(1), 103–112.
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i1.2565
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |