PERAN DIMENSI KUALITAS DAN KEPUTUSAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT CITRA HUSADA

Aura Nafisi, Muhammad Rizal, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Peran Dimensi kualitas dan Keputusan Terhadap Loyalitas pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu dimensi kualitas (X1) dan keputusan (X2) dan Loyalitas pasien (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli Kabupaten Pidie. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi:  Y =  3,652 + .411 X1+ .448 X2. Berdasarkan hasil analisis bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel keputusan (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 44,8% terhadap Loyalitas pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Dimensi kualitas (X1) dan Keputusan (X2) terhadap Loyalitas pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 65,2% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Pengembangan variabel Dimensi kualitas (X1) dan Keputusan (X2) sebesar 64,5% ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli Kabupaten Pidie dan sebesar 34,5% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Dimensi kualitas, Keputusan, Loyalitas pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, B. 2020, ‘Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19’, 6(2), pp. 233–247.

Arianto, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017

Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A. Wiennata, and W. Hidayat, 2019. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening," Jurnal Ilmu Ekonomi Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 83-88, Jul. 2019.

Bunga Divi Iswara. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Klinik Kesehatan Koperasi Karyawan PLN Batam. Universitas Putera Batam l JMBI UNSRAT Volume 8 Nomor 2.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja. Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit. Salemba Empat. Jakarta.

Intan Rosalia, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Globalart San Diego Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya l Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Hasan, Sabri. 2019. Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 184-196, jan. 2019. ISSN 2502-3713.

Rini Sugiarsih Duki Saputri, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang l Journal of Strategic Communication Vol. 10, No. 1, Hal. 46-53. September 2019.

Sopiah, & Sangadji, E. M. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. (D. Prabantini, Ed.) (Ed.1). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suhada, A., & Sofyan, Y. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Menurut Persepsi Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), IN PRESS. https://doi.org/10.54783/mea.v3i2.98.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunyoto, Danang. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan kasus) Edisi Ketiga. Jakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Wisudarini, 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing) Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v1i2.1748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

Centered Image
Centered Image