PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO TEKSTIL MULIA TEX BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Store Atmosphere dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Tekstil Mulya Tex Beureunuen Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu Store Atmosphere (X1) dan Variasi Produk (X2), dan Kepuasan Konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli pada Pelanggan Toko Tekstil Mulya Tex Beureunuen Kabupaten Pidie. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji f dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 10,473 + 0,329 X1 + 0,264 X2 . Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Store Atmosphere (X1), mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 32.9% terhadap Kepuasan Konsumen (Y) di Toko Tekstil Mulya Tex Beureunuen Kabupaten Pidie. Pengaruh antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Store Atmosphere (X1) dan Variasi Produk (X2), terhadap Kepuasan Konsumen (Y) di Toko Tekstil Mulya Tex Beureunuen Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 46,3% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing Store Atmosphere (X1) dan Variasi Produk (X2) sebesar 0,214 atau 21,4%, ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) di Toko Tekstil Mulya Tex Beureunuen Kabupaten Pidie yaitu sebesar 78,6% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Store Atmosphere, Variasi Produk dan Kepuasan Konsumen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adnan. 2020. Pengaruh Atmosfer Café, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Dokter Kupi Café di Kota Lhokseumawe). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh.
Agustina, L. 2018. Pengaruh Suasana Toko Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga
Ervan Suyudi. 2019. Pengaruh Suasana Toko, Citra Toko, dan Persepsi Harga terhadap Niat Beli Di Toko Matahari Department Store Surabaya. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
Kotler, Philip & Keller. 2017.“Marketing Management.” Edisi ke 14. Prentice Hall. New Jersey
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2018, Marketing Management, 15th edition, New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Maichael . 2018. Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dapur Pandhawa. Jurnal Manajemen Bisnis. Universitas Ciputra
Meilaty, Finthariasari. 2020. Pengaruh Kualias Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Department Of Management, Faculty Of Economic And Business, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Rambat Lupiyoadi. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. PT. Salemba Empat.
Sri, Wilujeng. 2018. Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Modern Indomaret Kecamata n Sukun Kota Malang. Jurnal. Universitas Malang
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujianto, 2017. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula, Prestasi. Pustaka, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v1i1.1464
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |