PERAN INOVASI PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI WARNA DIGITAL PRINT ACEH KECAMATAN MEUREUDU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan desain produk terhadap keunggulan bersaing. Data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4.351 + 0.474X1 + 0.371X2. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 91,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor inovasi produk (X1) dan desain produk (X2) dengan keunggulan bersaing (Y). Sedangkan untuk nilai koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 83% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor inovasi produk dan desain produk dengan keunggulan bersaing. Pengaruh inovasi produk dan desain produk sebesar 83% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keunggulan bersaing, sedangkan selebihnya 17% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung lebih besar dari T-tabel dengan taraf siginifikan 0,000, baik itu variabel inovasi produk dan desain produk secara parsial berpengaruh secara secara signifikan.
Kata Kunci: Inovasi produk dan desain produk dengan keunggulan bersaing
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daffa Kresna Ajy, M., & Purnama, bani. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing IKEA. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(01), 69–84. https://journal.uii.ac.id/selma/index.
Duha, R., & Siagian, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee. eCo-Buss, 6(1), 166–178.
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 131–142. https://journal.uii.ac.id/selma/index.
Herawati, H., & Muslikah, M. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARIAYU PUTIH LANGSAT (Studi Kasus Pada Factory Outlet PT. Martina Berto Tbk.). KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 17–35.
Khasbulloh, M. W., Qusaeri, M. A. Al, & Khasanah, M. (2023). Pengaruh Keunggulan Produk dan Keunggulan Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di CV. Pucuk Daun Lestari. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 170–189.
Ringhard, V. (2018). INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING: PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA USAHA NASI KUNING DI KELURAHAN BATU MEJA KOTA AMBON). JURNAL MANEKSI, 7(1), 66–73.
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), 57–74.
Vernanda, W. (2020). ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, BRAND TRUST DAN HARGA KOMPETITIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED MEREK SASTERLAND PADA PD ANGGREK DI PONTIANAK. Bisma, 5(6), 1326–1337
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v4i2.2216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |