ANALISIS PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTUAN FLIP PDF PROFESIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Santri Angelia Damanik, Asep Wahyu Nugraha

Abstract


Pembelajaran dengan media e-learning yang marak kita gunakan sampai saat ini memberikan manfaat yang praktis, efektif dan dapat divalidasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran e-learning menggunakan e-modul interaktif berbantuan Flip PDF Profesional dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. E-modul interaktif ini dikembangkan pada materi Senyawa Turunan Alkana, yang berisikan bahan ajar beserta contoh-contoh soal, video pembelajaran, mini kuis menggunakan live worksheet, serta ulangan harian menggunakan aplikasi microsoftteams. E-modul interaktif ini diaplikasikan di kelas kontrol dengan hasil penelitian sebagai berikut : 1) Berdasarkan aspek kelayakan isi, Bahasa, penyajian dan belajar mandiri, e-modul ini sudah dinyatakan valid dengan nilai 0,97; 0,92; 0,93 dan 0,95. 2) Dari data Uji Two Way Anova, diperoleh bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan e-modul interaktif dengan nilai sig. 0,001. 3) Ketuntasan belajar mencapai 88%, dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,815 masuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci: e-learning, Flip PDF Professional, motivasi


References


Belia, G., Utaminingsih, S., & Pratama, H. (2022). Analysis of E-Module Needs with The Flip PDF Professional Application for Integers. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 8-15.

Erniwati, E., Hunaidah, H., Nurhidayat, R., & Fayanto, S. (2022). The Testing of E-Module Flip-PDF Corporate to Support Learning: Study of Interests and Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 6(4).

Fadhila, A. N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 53-70.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47-50.

Kurnianto, D. (2022). Development of Mathematics E-Modules Through the Professional Flip PDF Application Assisted React Strategy to Improve Problem Solving Ability of Vocational Middle School Students Concentration of Accounting Expertise. International Journal of Science and Society, 4(3), 499-512.

Manumpil, N. F., Wenas, J. R., & Tilaar, A. L. (2022). Pengembangan bahan ajar menggunakan flip pdf professional pada materi matriks. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(3), 346-354.

Parapat, W. S., & Sagala, P. N. (2022). Development of Interactive E-Modules Using Flip Pdf Professional Based on a Contextual Approach To Building Flat Side Space Materials. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(8), 849-872.

Putri, D. D., & Wijayati, P. H. (2022). Digitizing Lehrwerkanalyse Materials with the Flip PDF Professional Application. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 3(3), 504-513.

Putri, R. R. R. R., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93-104.

Sewandono, R. E., Thoyib, A., Hadiwidjojo, D., & Rofiq, A. (2023). Performance expectancy of E-learning on higher institutions of education under uncertain conditions: Indonesia context. Education and information technologies, 28(4), 4041-4068.

Tilova, S. N., & Amini, R. (2022). Sindi Natri Tilova Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1099-1110.

Usmaedi, U. (2021). Education curriculum for society 5.0 in the next decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.