Tinjauan Terhadap Kemampuan Teoritis Cabang Olahraga Atletik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Baro

Reza Hariadi, Indah Lestari, Amirzan Amirzan

Abstrak


Pada penelitian ini telah penulis tetaplkan dan kemuakan terkait dengan judul penelitian ini adalah “Tinjauan Terhadap Kemampuan Teoritis Cabang Olahraga Atletik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Baro” yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi atletik secara teori para siswa kelas  VIII SMP Negeri 1 Peukan Baro, bagaimanakah kesimbangan pelaksanaan pelajaran atletik secara teori dengan pelajaran praktik, dan sejauh mana penguasaan pengetahuan atletik secara teoritis yang telah mampu dikuasai dengan baik oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Baro. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A hingga kelas VIII D yang berjumlah 77 sampel, tehnik pengumpulan data dengan menggunakan Field Research yaitu melakukan penelitian guna mendapatkan data yang tepat terkait nilai harian, nilai tugas mata pelajaran atletik serta nilai Ujian Akhir Semster (UAS) secara umum. Dari hasil penelitian telah diperoleh nilai-nilai tersebut, maka telah dapat diketahui bahwa terdapat keseimbangan antara nilai peleksanaan pembelajaran teori dengan pelajaran peraktik yakni dengan perbandingan nilai 83.68 – 83.17, yang mana rentang nilai keduanya berada pada kategori nilai baik. Selanjutnya sebagai hal yang mendasar dalam penelitian ini yakni tentang pengetahuan siswa di bidang pembelajaran atletik secara teoritis telah mampu dikuasai dengan baik oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan nilai 83,68 yang berada pada kategori nilai “baik”.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyono, F., & Safitri, V. W. (2019). Eksplorasi ethnomatematika pada permainan tradisional egrang di Tanoker Ledokombo Jember. Sigma, 4(2), 51-58.

Arikunto, S. (1991). Metode Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Citra.

Arma Abdoellah. 1996. Penjas Adaptif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Bahagia, Y. (2009). Pengembangan Komponen Biomotorik Melalui Aktivitas Bermain Atletik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. penjasor, 162.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Pendidikan Kabupaten Labuanbatu. 2015. Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Diakses pada tanggal 27 aPRIL 2024 dari http://disdik.labuhanbatukab.go.id/images/permendikbud_tahun2014_nomor 03_lampiran.pdf.

Damiri dan Kusnaedi. (1992). Olahraga Pilihan Tenis Meja. Jakarta: Depdikbud. Hodges, L. (1996). Tenis Meja Untuk Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Irianto, D.P. (2002). Dasar Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: Diktat FIK UNY.

Dwi Siswoyo. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo & Dapan. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

J. S. Husdarta. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang KTSP. Diakses pada tanggal 27 aPRIL 2024 dari http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Kur/Lampiran%20Permen %20Nomor%2061%20th%202014%20ttg%20KTSP.pdf.

Kertamanah, A. (2003). Teknik dan Taktik Dasar Permainan Tenis Meja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Di akses pada tanggal 27 April 2024 dari http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%204 1%20Tahun%202007.pdf.

Muska Mosston and Sara Ashworth. 2008. Teaching Physical Education.Columbus: Merril Publising Company.

Nugroho, A. S. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.

Octovido, I., Sudjana, N., & Azizah, D. F. (2014). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Batu (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu Tahun 2009-2013). Brawijaya University.

S Nasution. 2012. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Soni Nopembri dan Nur Rohmah Muktiani. 2009. Perbandingan Penerapan Gaya Mengajar Mosston dan Model Pembelajaran Metzler dalam Pembelajaran

Penjas. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK UNY.

Sri Rahayu. 2015. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 29 April 2024 dari http://www.komnasham.go.id/instrumen-ham-nasional/uu-no-20-tahun- 2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.

Saniyati, S., & Sani, Y. (2021). Efektivitas Physical Exercise Untuk Menurunkan Repetitive And Restriced Behavior Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorder. Sneed Journal, 1(1).

Supriansyah, R., & Lumintuarso, R. (2019). Pengaruh Metode Latihan dan Power Terhadap Kecepatan Lari 60 Meter Siswa SMA Olahraga Sriwijaya. JSH: Journal of Sport and Health, 1(1), 37-48

Samsudin, S. (2022). Pengaruh Kelincahan dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam permainan bola basket Pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Belo. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 11-16.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press..

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineka Cipta.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Dosen AP. 2010. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com