PERAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE, PERSONALISASI PENGALAMAN BELANJA DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Deva Syahira Dwina, Mahrizal Mahrizal, Muhammad Nur, Zulfikar Zulfikar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi artificial intelligence, personalisasi pengalaman belanja dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kabupaten Pidie. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penggunaan aplikasi terhadap loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kabupaten Pidie. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, data dikumpulkan melalui angket dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan sebagai berikut: Nilai konstanta sebesar 2,207 artinya jika teknologi artificial intelligence (X1), Personalisasi pengalaman belanja (X2) dan kemudahan penggunaan aplikasi (X3) dianggap konstan, maka loyalitas pelanggan pada Pengguna Shopee di Kabupaten Pidie adalah sebesar 2,028 pada satuan skala likert, yang mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan (Y) pada Pengguna Shopee di Kabupaten Pidie dapat dikatakan sangat baik. Nilai koefisien regresi teknologi artificial intelligence sebesar 0,305 dapat diartikan bahwa setiap 1% kenaikan Teknologi artificial intelligence (X1), akan meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 30,5%. Ini berarti terjadi peningkatan Loyalitas pelanggan (Y) pada Pengguna Shopee di Kabupaten Pidie.Nilai koefisien regresi personalisasi pengalaman belanja sebesar 0,239 dapat diartikan bahwa setiap 1% kenaikan personalisasi pengalaman belanja (X2), akan meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 23,9%. Ini berarti terjadi peningkatan Loyalitas pelanggan (Y) pada Pengguna Shopee di Kabupaten Pidie.
.
Kata Kunci: artificial intelligence, personalisasi pengalaman, kemudahan Dan loyalitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmadi, M. Denaldi Danial, and Erni Martini. 2020. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo.” Jurnal Mitra Manajemen 4(5): 708–20. doi:10.52160/ejmm.v4i5.385.

Alghaniy, Aflah Malik. 2025. “Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence Pada Layanan Chatbot Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bandung Raya, Indonesia.” International Journal Administration, Business & Organization 5(1): 48–55. doi:10.61242/ijabo.24.337.

Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. 2022. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan.” 2(3): 1030–37.

Davis. (2019:30). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-339. doi: 10.2307/249008.

Essential, T H E, Guide To, T H E Latest, and Connected Behaviours. 2023. “DIGITAL 2023.”

Firmansyah, Deri, Teddy Setiawan, and Dwinanto Priyo Susetyo. 2021. “Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan : Survey Tentang Pelayanan Dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa.” Jurnal Disrupsi Bisnis 4(4): 304. doi:10.32493/ drb.v4i4.10829.

Hidayat, Fikri Rafif. 2018. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek Di Kota Malang).” Jimfeb Ub 7(1): 1–9.

Ilhamsyah, and Agus Mulyani. 2019. “Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Omi Koperasi Universitas Pgri Palembang.” Jurnal Manivestasi 1(2): 104–19.

Isnain, Nasrulloh. 2025. “Implementasi Artificial Intelligence Dalam Sektor Pendidikan.” 2(2).

Japarianto, Edwin, and Stephanie Adelia. 2020. “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Manajemen Pemasaran 14(1): 35–43. doi:10.9744/pemasaran.14.1.35-43.

Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset,. Yogyakarta.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2019). Users of the world, unite ! The challenges and opportunities of Social Media. Journal Business Horizons 53, 59—68

Kotler, Philip; Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran : Jil. 1 / Philip Kotler,. Page 3. Kevin Lane Keller ; Alih Bahasa Bob Sabran. Jurnal Manajemen Dan Enterpreneurship, 6(3).

Kristanto, Yunus. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung.” Jurnal Ilmu Manajemen 19(1): 13–22. doi:10.21831/jim.v19i1.50173.

Matzler, K., Bidmon, S., & Grabner-Kräuter, S. (2006). Individual determinants of brand affect: The role of the personality traits of extraversion and openness to experience. Journal of Product and Brand Management, 15(7), 427–434. https://doi.org/10.1108/10610420610712801

Nadiroh, Rohmatunnadiroh, and Imam Sukwatus Suja’i. 2022. “Pengaruh Harga Dan Atmosfer Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Cahaya Mas Store Kamulan, Trenggalek.” Jurnal Economina 1(2): 130–39. doi:10.55681/economina.v1i2.29.

Panjaitan, Dertaida, and Retno Setyorini. 2020. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.” JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen 10(1): 53–62. doi:10.34010/jurisma.v10i1.2772.

Prasetio, Tio. 2025. “Ecodemica : Jurnal Ekonomi , Manajemen Dan Bisnis Pengaruh Artificial Intelligence Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Karyawan Di Bidang Ekonomi Pendahuluan.” 8(2): 66–73.

Prasetyawan, Adi, Inawati Inawati, Sokhibul Ansor, Moch Alfa Alfiansyah, Alfenia Sinta Devina, and Erita Nafhamein. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Dan Kecerdasan Buatan Sebagai Strategi Pemasaran Perpustakaan Di Era Digital.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 7(2): 165. doi:10.17977/um008v7i22023p165-179.

Rohana, Tulus. 2020. “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen 8(1): 28–32.

Sari, Yane Puspito, S E M Si, Yayat Suharyat, M A Graciafernandy, Endang Sungkawati, M Si, M Si Elida Suwitho, et al. 2021. Loyalitas Pelanggan Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.

Widyaratna, Lianita, Handik Purwantoro, and Vero Nathalniel Pamikiran. 2023. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Pengalaman Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee.” JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis 6(1): 19. doi:10.47201/jamin.v6i1.182.

Ya Fei Zhang, Yang Liu, 2023. Dose-Related Effects Of Radial Extracorporeal Shock Wave Therapy For Knee Osteoarthritis: A Randomized Controlled Trial. J Rehabil Med 2021; 53: Jrm00144. Http://Doi.10.2340/16501977-2782

Zikry, Arief, Muhammad Bitrayoga, Siska Yulia Defitri, Akhmad Dahlan, and Nina Dwi Putriani. 2025. “Analisis Penggunaan AI Dalam Keberhasilan Customer Experience Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee.” Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 4(3): 766–81. doi:10.54373/ifijeb.v4i3.1387.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i2.3215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.