PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN DAN KETELITIAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Mulya Ulva, Teuku Isnaini, Syamsul Akmal

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk “Pengaruh Psikologi Konsumen Dan Ketelitian  Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Ulang Sebagai Variabel Moderating Pada Suman Mark Swalayan Sigli Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen (X) yaitu ologi konsumen dan ketelitian variabel moderating (Z) yaitu keputusan pembelian ulang dan loyalitas konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli Suman Mark Swalayan Sigli Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji linner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung Psikologi konsumen terhadap kepuasn pembelian positif dan signifikan. Pengaruh langsung Psikologi konsumen terhadap loyalitas konsumen positif dan tidak signifikan. Pengaruh langsung psikologi konsumen terhadap kepuasn pembelian positif dan signifikan. Pengaruh langsung Psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian ulang positif dan signifikan. Pengaruh langsung loyalitas konsumen terhadap keputusan pembelian ulang pembelian positif dan tidak signifikan

 

Kata Kunci : Psikologi Konsumen, Ketelitian, Loyalitas Konsumen, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 708–720. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.385

Al Amin, W. (2019). Pengaruh Kelengkapan Data, Ketelitian, Kecepatan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Federal International Finance (Fif) Cabang Batam. 20–35.

Alfan, A. C. (2019). Karakteristik Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Melalui E-Commerce. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(1). https://doi.org/10.30651/blc.v16i1.2452

Amri, I., Hahury, S., & Marsulan, M. F. (2022). Analisis Tingkat Ketelitian, Kecepatan, Dan Konstansi Kerja Pada Karyawan Pemotong Ikan. Metode : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 21–30. https://doi.org/10.33506/mt.v8i1.1696

Ayu, A., Milenia, S., Arizona, P. E., Luh, N., Dicriyani, G. M., Ekonomi, F., Universitas, B., & Denpasar, M. (2023). Pengaruh Ketelitian, Pelatihan, Pengalaman, Tingkat Pendidikan dan Skill terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada LPD di Kecamatan Abiansemal. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 5(Juni), 246–259.

Deviana, S., & Desitama, F. S. (2023). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman , Kualitas Pelayanan dan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada CV Tunas Rimba Di Kabupaten Tulungagung. YUME : Journal of Management, 6(2), 496–514. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/4301/2795

FARHAN, F., & APRIANTI, K. (2022). Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kota Bima. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 21(3), 231–235. https://doi.org/10.33061/jeku.v21i3.5708

Febriansyah, F., & Triputra, G. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70–88. https://doi.org/10.30873/jbd.v7i1.2618

Frindy, & Tiurnari, P. (2020). Factors of Influence for Customer Loyalty in Pt . Alco Jaya Raya At Batam City. Emba, 8(3), 25–34. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/29083/28302

Handayani, D. K., & Zuraida, L. (2021). Peran Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Determinan Keputusan Pembelian Ulang Wedang Uwuh Halal. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(1), 30–42. https://doi.org/10.32477/jkb.v29i1.236

Jenab Mardiana, S. (2022). Pengaruh Psikologis Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lion Star (Survei pada konsumen Lion Star di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2022. www.topbrand-award.com

Juhria, A., Meinitasari, N., Iqbal Fauzi, F., Yusuf, A., & Ekonomi Bisnis Universitas Singaperbangsa, F. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aplikassi E-Commerce Shopee. Jurnalmanajemen, 13(1), 55–62.

Lakoni, I. (2023). Analisa Pengaruh Experiential Marketing , Emotional Marketing Dan Psikologi Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Rositha Putra Bvr Bengkulu. 8(2), 210–219.

Nurgianto, B., Worang, F. G., & Lumanauw, B. (2021). Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 537. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.537-550.2021

Nurullaili, N., & Wijayanto, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5357

Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf

Wardani, A., Hartono, S., & Kustiyah, E. (2020). Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pada Pasar Triwindu Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 191–199. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.825




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i2.2567

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.