PERAN AFFILIATE MARKETING DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PEMBERIAN JAMINAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk “Peran Affiliate Marketing dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Pemberian Jaminan Sebagai Variabel Intervening Membeli Produk Pakaian Wanita Pada Sosial Media instagram (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)”. Dimana variabel independen (X) yaitu Affiliate Marketing dan Komunikasi Pemasaran variabel moderating (Z) yaitu Jaminan dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Universitas Jabal Ghafur yang membeli produk pakaian wanita pada Sosial Media instagram. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji linner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung affiliate marketing terhadap kepuasn pembelian positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung affiliate marketing terhadap Keputusan pembelian positif dan signifikan. pengaruh langsung affiliate marketing terhadap kepuasn pembelian positif dan signifikan. pengaruh langsung affiliate marketing terhadap Pemberian Jaminan positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung keputusan pembelian terhadap Pemberian Jaminan pembelian positif dan tidak signifikan
Kata Kunci : Affiliate Marketing, Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian, Jaminan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.
Bani, B., Komunitas, A., Bhakti, D., Susanto, D., Komunitas, A., & Bhakti, D. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Siswa Untuk Kuliah Di Akademi Komunitas Dharma Bhakti Bangka. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 5(1), 12–21.
Cahyati, W. Y., Tampi, J. R. E., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Arrum Haji PT. Pegadaian (Persero) CPS Istiqlal Manado. Productivity, 3(5), 3–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/44474%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/download/44474/38738
Deviana, S., & Desitama, F. S. (2023). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman , Kualitas Pelayanan dan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada CV Tunas Rimba Di Kabupaten Tulungagung. YUME : Journal of Management, 6(2), 496–514. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/4301/2795
Febriansyah, F., & Triputra, G. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70–88. https://doi.org/10.30873/jbd.v7i1.2618
Handayani, D. K., & Zuraida, L. (2021). Peran Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Determinan Keputusan Pembelian Ulang Wedang Uwuh Halal. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(1), 30–42. https://doi.org/10.32477/jkb.v29i1.236
Karina, N., Darmansyah, Awalludin, D., & Samsul Bakhri, A. (2023). Pengaruh Affiliate Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Belanja. LPPM STMIK ROSMA / Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi , 80–89.
Kinanti Putri Bestari, Muhammad Arif, M. I. (2023). Pengaruh Promosi Shopee Affiliate, Promosi Bellow The Line, Dan Positive Emotion Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee Di UINSU). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 856–870.
Krissa Delima, M., & Agus Humaidi, M. (2020). Margareta Krissa Delima dan Muhammad Agus Humaidi PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI BUKU OLEH MASYARAKAT PADA GRAMEDIA BANJARMASIN VETERAN Margareta Krissa Delima 1) Muhammad Agus Humaidi 2). 3(1), 1–6.
Rachman, A. (2020). Analisis Pengaruh Bukti Fisik dan Jaminan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Peyewa Mobil (Kasus Pada PT Pusaka Prima Transport). Universitas INABA, 14(3), 17–35.
Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 94. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4161
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427
Syamsudin, A. T., & Fadly, W. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan di PT BPR Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i1.2857
Yudha, T. S., & Mahmud. (2023). Jurnal Mirai Management. Jurnal Mirai Management, 8(2), 176–185.
Yuliantari, K., & Widayati, K. (2020). Kualitas Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT ABC. Jurnal Perspektif, 18(1), 60–67. https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7574
Yunior, K. (2019). Pengaruh Daya Tanggap Dan Jaminan Terhadapkepuasan Pelanggan Di Pt. Suriatama Mahkota Kencana Medan Cabang Katamso. JRAM:Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(2). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRAM/article/view/2183
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i2.2566
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |