Pengaruh Testimoni dan Kebutuhan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Ekspetasi Pelanggan Sebagai Variabel Moderating Studi Kasus Online Shop Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur

Anita Anita, Mahrizal Mahrizal, Fakhrurrazi Fakhrurrazi, Irza Amelia

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Testimoni dan Kebutuhan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Ekspetasi Pelanggan Sebagai Variabel Moderating Studi Kasus Online Shop Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Dimana variabel independen (X) yaitu testimoni dan kebutuhan pribadi variabel moderating (Z) yaitu ekspetasi pelanggan dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung estimoni terhadap keptusan pembelian positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung estimoni terhadap ekspetasi pembelian positif dan signifikan. pengaruh langsung testimoni terhadap keputusan pembelian positif dan tidak signifikan. pengaruh langsung kebutuhan pribadi terhadap ekspetasi pembelian positif dan signifikan pengaruh langsung ekspetasi pelanggan terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan

 

Kata Kunci : Testimoni, Kebutuhan Pribadi, Keputusan Pembelian, Ekspetasi Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardila Diana Putri. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN TESTIMONI PEMBELI TERHADAP TINGKAT BRAND TRUST PADA PEMBELI ONLINE (Survei Terhadap Pembeli Online Shop Shopee pada Mahasiswa di Kecamatan Depok). 184–191. www.ruangguru.co.id,

Arianto, T., & Erlita, E. (2021). ANALISIS PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI, PENGHARGAAN DAN KEBUTUHAN SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR (Survei pada PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu Tengah). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 95–106. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1169

Bahari, A. F. (2019). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839

Deviana, S., & Desitama, F. S. (2023). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman , Kualitas Pelayanan dan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada CV Tunas Rimba Di Kabupaten Tulungagung. YUME : Journal of Management, 6(2), 496–514. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/4301/2795

Febriansyah, F., & Triputra, G. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70–88. https://doi.org/10.30873/jbd.v7i1.2618

Irwan, A. M. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial, dan Budaya terhadap perilaku konsumen melalui media sosial Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 166–167.

Kusumadewi, R. N., Nur, L. Z., & Hernita, N. (2023). Pengaruh Ekspektasi Konsumen Dan Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Daya Saing, 9(2), 442–451. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i2.1304

Maulizar, Nyak Umar, I. (2024). PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN , DISCOUNT HARGA DAN STRATEGI LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO CHERRYMART Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Jabal Ghafur Email : lizarmaulizar70@gmail.com Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Jabal Gh. 2(1), 59–72.

Muzdalifah, L., & Ilmiah, H. (2020). Pengaruh Testimoni Dan Daya Tarik Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Greenomika, 2(2), 105–113. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2020.02.2.3

Nugrahanto, N. F. R., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha Vixion PT. Mataram Sakti Setiabudi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 178–185.

Nurgianto, B., Worang, F. G., & Lumanauw, B. (2021). Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 537. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.537-550.2021

Paendong, M., & Tielung, M. V. J. (2019). Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 387–395.

Sumantri, Nabila R dan jannah, L. (2021). INI BELUM DI CATAT!! Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 68–76.

Tololiu, R. M., & Roring, F. (2022). Pengaruh Promosi Dan Testimoni Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Hp Samsung Di Marketplace Facebook ( Studi Kasus Pada Toko Mozamart Manado ) Influence of Promotions and Customer Testimonials on Consumer Purchase Interests of Samsung Hp in the Facebo. Jurnal EMBA: Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1110–1120.

Utomo, S. B., Andriani, E., & Devi, E. K. (2023). Pengaruh Penilaian Produk dan Testimoni Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian di Platform E-commerce Bukalapak di Indonesia. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(01), 26–36. https://doi.org/10.58812/sek.v2i01.271

Wardani, A., Hartono, S., & Kustiyah, E. (2020). Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pada Pasar Triwindu Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 191–199. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.825

Widianti, N., Kusniawati, A., & Faruk, M. (2020). PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Telkomsel di Desa Sukahurip - Ciamis). Business Management and Enterpreneurship, 2(2), 1–11.

Widodasih, R. W. K., Wirastomo, J. T., & BR, K. S. (2023). Pengaruh Testimoni, Social Media, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 1160–1166. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.757




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i1.2563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.