Pengaruh Oriensi Pesaing Dan Inovasi Produk Kain Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Perkembangan Penjualan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Toko Textile Sigli Kabupaten Pidie)

Irvan Irvan, Zulfikar Zulfikar, Herizal Herizal

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk “Pengaruh Oriensi Pesaing Dan Inovasi Produk Kain Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Perkembangan Penjualan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Toko Textile Sigli Kabupaten Pidie). Dimana variabel independen (X) yaitu oriensi pesaing dan inovasi produk kain variabel moderating (M) yaitu Perkembangan Penjualan dan Kinerja Pemasaran (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko Textile Sigli Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung estimoni terhadap kinerja pemasaran positif dan signifikan. Pengaruh langsung estimoni terhadap perkembangan penjualan positif dan signifikan. Pengaruh langsung orientas pesaing terhadap kinerja pemasaran positif dan tidak signifikan. Pengaruh langsung inovasi produk terhadap perkembangan penjualan positif dan tidak signifikan. Pengaruh langsung perkembangan penjualan terhadap kinerja pemasaran positif dan signifikan.

 

Kata Kunci : Oriensi Pesaing, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Perkembangan Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmad Nasir. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. 6, 9–16.

Albert William, A., Oktaviani, R., & Matthew, S. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Kota Bekasi Di Rawalumbu. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen Tri Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i1.270

Arifin, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kue dan Roti di Desa Bugo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 848–859. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2550

Bakti, S., & Harun, H. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. (Effect of Market Orientation and Customer Value on Marketing Performance of Lion Airlines Corporation). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 1–14. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/article/view/921

Egha, H., Widiastomo, H., & Achsa, A. (2021). Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan. Kinerja, 18(1), 15–23.

Egim, A. S., & Putri, H. C. S. (2022). Peranan Market Orientation, Inovasi Produk dan Competitive Advantage Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Songket di Kota Sawahlunto. Jurnal Ecogen, 5(2), 205. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12713

Islani Ruchiyat, E., A. Manafe, H., Sia Niha, S., & Paridy, A. (2023). Pengaruh Orientasi Pesaing, Orientasi Konsumen dan Peran Pemerintah terhadap Kinerja Pemasaran UMKM pada Wisata Kuliner Oepoi Kupang dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 918–932. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5.1609

Kasus, S., Pt, P., & Inti, A. (2014). PEnjualan Produk Beserta Peramalan. 85–94.

Maulidiyah, W., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Home Industry Kerudung Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1523–1529. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1523-1529

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Potolau, M. J. ., & Safriansyah, S. (2022). Peningkatkan kinerja pemasaran umkm melalui orientasi inovasi dan orintasi kewirausahaan. Kinerja, 18(4), 614–620. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10367

Resyananda, I. P. G. R., & Mandala, K. (2022). Inovasi Produk Dalam Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pasar Industri Kain Songket Di Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(8), 1525. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i08.p05

Ricky, W., Sumarsan, T., & Julitawaty, W. (2019). Pengaruh diferensiasi produk dan kualitas pelayanan terhadap tingkat penjualan pt . Amorindo mitra sentosa medan. 5(1).

Rizaldi, M. R., Putri, L. T., & Kamal, M. (2021). the Effect of Product Quality and Price on the Marketing Performance At the Umkm Naisha Madu Nusantara in Bangkinang City. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 10–18. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/60%0A

Saori, S., Anugerah, D. M. O., Ayu, A. A. P., Ibrohim, & Al Mugni, K. (2021). Analisis Kinerja Pemasaran Pada Industri Makanan (Studi Kasus UMKM CV. NJ Food Industries, Kabupaten Sukabumi). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 49–58.

Sudrartono, T. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 55–66.

Wijaya, Z. R., Wiyata, M. T., & Nurfalah, R. (2023). Dampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM Kota Sukabumi. Fair Value: Jurnal Ilmiah …, 5(8). http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/2985

Yulianthini, N. N., & Dewanti, M. A. (2023). Pengaruh Orientasi Pesaing Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi. BISNIS : Jurnal Manajemen, 9(1), 95–103.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i1.2560

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.