Pengaruh E-service quality Dan Privasi Terhadap Kepuasan Pembelian Memediasi Loyalitas Konsumen Menggunakan Kartu Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi)

Sarah Nadia, Cut Yusnidar, Ery Jayanti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk “Pengaruh E-service quality Dan Privasi Terhadap Kepuasan Pembelian Memediasi Loyalitas Konsumen Menggunakan Kartu Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi)”. Dimana variabel independen (X) yaitu E-service quality dan Privasi variabel mediasi (Z) yaitu loyalitas konsumen dan Kepuasan Pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas kosumen. Privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pembelian. Privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan pembelian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci : E-service quality, Privasi, Kepuasan Pembelian, Loyalitas Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 708–720. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.385

Hidayat, F. R. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pengguna Aplikasi Go-Jek di Kota Malang). Jimfeb Ub, 7(1), 1–9.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Payment Fintech. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(1), 52. https://doi.org/10.33603/jka.v4i1.3322

Ismayli, Z. (2023). PENGARUH PRIVASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERTRANSAKSI ONLINE (Studi pada Produk Smart Phone di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya). 3.

Kristanto, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.21831/jim.v19i1.50173

Mizanny, L., Zainuddin, & Bakri, M. (2023). Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Marketplace Shopee Pada Masyarakat Kota Jantho. Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 2(1), 221–231. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/kimfe/article/view/234

Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf

Pebiyanti, E., Fauzi, A., Husniyyah, T., Tasia, S. I., Sutendi, Z., & Vitri, A. E. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 850–858. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Pratama, C. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Air Kemasan Merek Yeh Buleleng Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol. 4 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2022 P-ISSN: 2685-5526, 11(2), 180–187.

Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886

Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2872. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p20

Zuliestiana, D. A., & Setiawan, A. N. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi Bca Mobile. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 494–512.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i3.2555

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.