ANALISIS PRIVASI, REPURCHASE INTENTION DAN JAMINAN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE APLIKASI LAZADA (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE)
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang “Analisis Privasi, Repurchase Intention Dan Jaminan Terhadap Pembelian Online Aplikasi Lazada (Studi Kasus Masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie)”. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan apliaksi Lazada pada masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie. Sampel penelitian menggunakan rumus Unknown Populations jumlahnya 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 2,440 + 0,317 X1 + 0,226 X2 + 0,400 X3
Dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Jaminan (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 40 % terhadap Pembelian Online Aplikasi Lazada pada masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen memiliki indeks korelasi sebesar 92,1% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel sebesar 84,8 %, artinya berpengaruh secara signifikan terhadap Pembelian Online Aplikasi Lazada Pada masyarakat Kota Sigli Kabupaten Pidie dan sebesar 15,2 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Privasi, Repurchase Intention, Jaminan, Pembelian Online.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung Pramono, 2020. Pengaruh Harga, Ulasan, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia l Vol. 3, No. 3, Agustus 2020, Hal 421-432
Agus Eko Sujianto, 2017. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula,. (Jakarta: Prestasi Pustaka,).
Ali Hasan. (2018). Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii), 83–104. Diambil dari http://journal.dosenindonesia.org
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bora Sanjaya, 2022. Pengaruh Privasi, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Bertransaksi Online Di Situs Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Jl. Hibrida RT. 07 Kota Bengkulu). Universitas Muhammadiyah Bengkulu l Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS) e-ISSN 2721-5415
Budi Setiawan, 2018. Pengaruh Jaminan, Empati Dan Kehandalan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada KPR Bank BJB Cabang Bogor. Jurnal Program Studi Manajemen Pemasaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia
D. N. Iftikhar, and R. H. Magnadi, 2017. Pengaruh Persepsi Jaminan Produk Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepercayaan Kepada Perusahaan Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Di E-Commerce (Studi di Bukalapak.com), Diponegoro Journal of Management, vol. 6, no. 3, pp. 142-151, Aug. 2017
Dewi Sartika, 2021. Determinan Purchase Intention dan Implikasinya Terhadap Purchase Decision Sepatu Non Original (KW) Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Samarinda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda l Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 04, Nomor 04, September 2021
Dyah Retno Wardhani. 2019. Pengaruh Keamanan, Privasi Dan Daya Tarik Aplikasi Terhadap Kepercayaan Merek Online Shopping (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Dyajeng Puteri Woro, 2020. Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan pembelian online dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel) jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Merdeka Pasuruan, Indonesia
Fauzan Zaki Mahendra, 2020. Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi pada Akun Instagram @authenticsid). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang l Vol. 5 No. 2, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB).
Firdha Rika, 2022. Pengaruh Privasi, Kepercayaan, Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Durian Melalui E-Commerce. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran l Volume 9, Nomor 2, Mei 2022 : 490-503
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program. AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hellier, P. K.,Ceursen, 2017. Customer repurchase intention: A general structural equation model. European Journal of Marketing, 37(11/12), 1762-1800. http://dx.doi.org/10.1108/03090560310495456
https://doi.org/10.37641/jimkes.v6i1.33
Joan Marta, 2018. Dampak Jaminan terhadap Peluang Memperoleh Kredit bagi UMKM di Sumatera Barat. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang l Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia Vol. 16 No. 1 Juli 2015: 1-14 p-ISSN 1411-5212; e-ISSN 2406-9280
Jun Rachmawati Harum, 2021. Pengaruh Permission Email Marketing Terhadap Purchase Intention Dan Dampaknya Pada Purchase Decision (Survei Pada Customer Lazada Indonesia). Fakultas Ilmu Ekonomi, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis| Volume. 15 No. 1 2021.
Kuswanto, 2020. Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Toko Emershop di Tokopedia.Com) Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami l Vol. 6 No. 2 (2020), hal: 159-172
Lily Purwianti, 2018. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Pengguna Smartphone di Batam. urnal Manajemen Maranatha, Program Studi S1-Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha. ISSN 1411-9293 | e-ISSN 2579-4094.
M. P Yuliani, 2021. Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja l Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 2, Bulan Desember Tahun 2021
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research: An Applied. Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
Megantara, I.N.A.P., (2017. Formulasi Lotion Ekstrak BuahRaspberry (Rubus rosifolius) dengan Variasi Konsentrasi Trietanolamin sebagai Emulgator serta Uji Hedonik Terhadap Lotion. Jurnal Farmasi Udayana, ISSN 2301-7716. 6(1): 2
Mursalim Tonggiroh, 2017. Analisis Pengaruh Privasi dan Kepercayaan Berdasarkan Pengalaman Konsumen Terhadap Online Shop. Jurnal Fakultas Teknik dan Sistem Informasi, Universitas Yapis Papua l Vol.1, No.1, Februari 2017
Nabila Iwan Sahara, 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) 2020 Universitas Muhammadiyah Jakarta 10-11 Desember 2020
Nurhatinah, 2018. Pengaruh Keamanan, Privasi, Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping Di Kota Padang Pengaruh Keamanan, Privasi, Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping Di Kota Padang. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang. Volume 1, Nomor 1, 5 Maret 2018
Rahmisyari, 2020. Iklim Organisasi Terhadap Efektivitas Pelayanan Pegawai Kantor Camat Kota Utara Kota Gorontalo. Fakultas Ekonomi Univeristas Ichsan gorontalo. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. Volume 2, Nomor 2, Februari 2020
Riduansah, 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop (Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda l Jurnal Riset Inossa | Volume 2 Nomor 2 Tahun 2020
Rita, 2021. Peran Purchase Intention Sebagai Variable Intervening Pada Pengaruh Product Quality, Price Dan Country Of Origin Terhadap Purchase Decision. Program Studi Manajemen, Universitas Bina Nusantara, Jakarta Bara l Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Volume 1, Issue 2, Mei 2021
Santoso, Singgih. 2017. Menguasai Statistik Dengan SPSS 24. Jakarta: PT Alex. Media Komputindo.
Setiawan, B., & (2018). Pengaruh Jaminan, Empati Dan Kehandalan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada KPR Bank BJB Cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 25 - 32.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,.
Yofina Mulyati, 2020. Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Manajemen, Universitas Dharma Andalas, Indonesia l Jurnal Maksipreneur : Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship Vol. 9 No. 2 Juni 2020 hal. 173 – 194
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i3.2450
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |