DAMPAK DARI NILAI NASABAH DAN PENANGANAN KOMPLAIN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA

Nur Rahmayani, Mahrizal Mahrizal, Husaini Abdullah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Dampak dari Nilai Nasabah dan Penanganan komplain Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC 1 Sigli Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu Nilai nasabah (X1) dan Penanganan komplain (X2) dan Loyalitas nasabah (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung pada Bank Syariah Indonesia KC 1 Sigli Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 3.838 + 0,422 X1+ 0,426 X2.  Nilai konstanta sebesar 3,838 artinya jika Nilai nasabah (X1) dan Penanganan komplain (X2) dianggap konstan, maka Loyalitas nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KC 1 Sigli Kabupaten Pidie adalah sebesar 3,838 pada satuan skala likert, yang mengindikasikan bahwa Loyalitas nasabah (Y) Pada Bank Syariah Indonesia KC 1 Sigli Kabupaten Pidie sangat baik.Nilai koefisien regresi Nilai nasabah sebesar 0,422 dapat diartikan bahwa setiap 1% kenaikan Nilai nasabah (X1), akan Loyalitas nasabah sebesar 42,2%.

 

Kata kunci : Nilai Nasabah, Penanganan Komplain, Loyalitas Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Budi Santoso, 2018, Tutorial & Solusi Data Regresi, P. Penerbit Agung Budi Santoso:Jakarta.

Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, 49-63.

Ellena Nurfazria Handayani, 2022. Pengaruh nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan konsumen Telkomsel. Universitas Darma Persada. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan KeuanganVolume 4, Number 7, 2022

Ernani Hadiyati 2019. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13, No.1, Maret 2019:8-16.

Fakhrurrazi, dkk. (2023). Peran Dimensi Kualitas Dan Keputusan Terhadap Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Citra Husada. 1, 14–28. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jabal Ghafur. Sigli.

Hajar Zulfa Hanifah, 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Kartu Seluler Di Kota Bandung). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung. ISSN: 2460-6561

I Made Meta Agistia, 2019. Pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan Terhadap loyalitas pelanggan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasvUdayana, Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 1, 2019: 7219 – 7252

Kurniyawati, Endah. 2020, Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga). Ekonomi dan perbankan syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Malhotra, Naresh K. 2018. Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1). New Jersey, Indonesia: PT. Indeks.

Musdalipa, 2020. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Pada Loyalitas Pelanggan HP Oppo di Kota Palopo. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Palopo.

Rini Martiwi, 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Pada Auto 2000 Cabang Ciledug Jakarta. Universitas Bina Sarana Informatika. Vol 17 No.1 Maret 2019

Stevani Korentia Sebayang, 2019. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara. urnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 02, Nomor 02, Bulan Maret 2019

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2017, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi. Website. Industri. Makanan dan. Minuman, diakses. 4. Maret. 2020,.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i2.2200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-Syamsul
desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

  
Tools:

desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul desain-Syamsul

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.