PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN E-MONEY TERHADAP MINAT TRANSAKSI ONLINE PRODUK SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA SIGLI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh media sosial dan e-money terhadap minat transaksi online produk sepeda motor merek honda pada PT Capella Dinamik Nusantara Sigli”. Dimana variabel independen yaitu media sosial (X1) dan e-money (X2), dan minat transaksi (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembayaran melalui transaksi online produk sepeda motor merek honda di PT Capella Dinamik Nusantara Sigli. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji f dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 2,304 + 0,532 X1+ 0,360 X2. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel media sosial (X1), mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 53,2% terhadap minat transaksi online (Y) produk sepeda motor merek honda pada PT Capella Dinamik Nusantara Sigli. Pengaruh antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel media sosial (X1) dan e-money (X2), terhadap minat transaksi online (Y) produk sepeda motor merek honda pada PT Capella Dinamik Nusantara Sigli dengan indeks korelasi sebesar 92,2% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing media sosial (X1) dan e-money (X2) sebesar 0,851 atau 85,1%, ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap minat transaksi online (Y) produk sepeda motor merek honda pada PT Capella Dinamik Nusantara Sigli yaitu sebesar 85,1% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Variasi Produk dan Kepuasan Konsumen
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aksami, Ni Made Dwi, & I. Made Jember. 2019. “Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money Pada Masyarakat Kota Denpasar.” Jurnal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia Vol. 8. No. 10.
Amarta, Dhafi Syahputra, Jonathan Bimantoro, & Vicky F. Sanjaya. 2022. “Pengaruh E-Money Terhadap Minat Beli Studi Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung.” Jurnal. Uin Raden Intan Lampung Vol. 3. No. 2.
.
Anggreini, Cut Reni. 2019. Pengaruh Bagi Hasil, Promosi Media Sosial Dan Lokasi Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bni Syariah Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Cahyani, Muhammad, & Luthfya Nilam Qadarwati. 2018. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Omzet Penjualan Handphone Di Outlet Central It Gresik.” Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Vol. 7 No. 1
Ferdianto, Hengki. 2018 .How to Build Amazing Internet Business. Yogyakarta: Andi.
Herdioko, Jonathan, & Carmel Verona Karisma. 2021. “Pengaruh Media Sosial , Brand Infuencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Vol. 11. No. 1
Lestari, Anita. 2020. Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Padabutik Missyshop Official Di Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nasrullah, R. 2018. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Nuraini, Arifianti. 2019. Pengaruh Media Sosial dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarang Madu Murni dan Pengelolaan Media Sosial di Sarang Madu Murni. Skripsi . UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Nugroho, Adi. 2022. Pengaruh Kehadiran E-Money Terhadap Minat Beli Masyarakat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Raden Intan Lampung Pengguna Shopeepay). Jurnal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Peraturan Bank Indonesia No. 20/6/PBI/2018 Tentang Uang Elektronik (Electronic Money).
Purnamasari, Esti, & Ismunandar. 2020. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Online ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Bima ).” Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie ) Bima Vol. 16. No. 2
Setiawati, Mila. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian.” Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Vol. 1. No. 1
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sirait, Stefasnus Kevin. 2022. “Pengaruh Promosi Media Sosial , Celebrity Endorser , Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal. Vol. 1. No. 3
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i2.2186
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |