HUBUNGAN ISLAMIC BRANDING, KUALITAS PRODUK DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur yang Menggunakan Produk Skincare)

Safrina Rina, Cut Yusnidar, Nelliyana Nelliyana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Islamic Branding, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Minat Membeli Produk Skincare (Studi pada Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur yang Menggunakan Produk Skincare)”. Dimana variabel bebasnya adalah Islamic branding (X1), kualitas produk (X2) dan gaya hidup (X3), dan minat beli produk (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen skincare mahasiswa Universitas Jabal Ghafur. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi: Y = 2,967 + 0,270 X1 + 0,206 X2 + 0,441 X3. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti ternyata variabel gaya hidup (X3) memiliki pengaruh paling dominan sebesar 44,1% terhadap niat beli (Y) produk Skincare di Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur. Pengaruh antara variabel terikat dan variabel bebas yaitu Islamic branding (X1), kualitas produk (X2) dan gaya hidup (X3) terhadap minat beli produk Skincare (Y) pada mahasiswa Universitas Jabal Ghafur dengan indeks korelasi sebesar 88,3% Artinya hubungannya sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing Islamic branding (X1), kualitas produk (X2) dan gaya hidup (X3) sebesar 77,9%, hal ini berarti berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk perawatan kulit (Y) pada mahasiswa Universitas Jabal Ghafur, yaitu 22,1% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Islamic branding, kualitas produk, gaya hidup, minat beli produk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga.

Nonie Afrianty, 202. Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT HNI HPAI Kota Bengkulu. nstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies Volume 1, No. 2 (December, 2020), pp. 121-136

Nurul Aisyah, 2022. Pengaruh Islamic Branding Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Badan Usaha Milik Desa Pondokrejo Yaitu Amanah Mart. Universitas Muhammadiyah Jember. Volume IX Nomor 1, 2022Arianto (2020

Rumbiati, 202. Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online Rumbiati. Jurusan Manajemen, STIE Rahmaniyah : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis,Vol.1 No.1 Oktober 2020

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Titin Setyaningsih, 2021. Pengaruh Islamic Branding, Brand Image, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya Oleh Masyarakat Ponorogo. Skripis Jurusan Ekonomi Syariah Faultas Konomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra, 2017. Pemasaran Strategik: Domain, Determinan, Dinamika (Edisi 4) Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2017, Pemasaran Jasa, Prinsip,Penerapan,dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v1i1.1460

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.