Efektivitas penggunaan Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah pada bank Aceh syariah di kabupaten Aceh barat
Abstrak
Bank sebagai lembaga keuangan mensyaratkan keandalan yang berarti tulus dalam menjalankankepentingannya untuk memberikan layanan yang akurat dan dapat diandalkan sebagaimana komitmennya. Saat mobile banking mendapatkan daya tarik, bank tradisional berjuang untuk beradaptasi dengan realitas baru di mana interaksi fisik di dalam perbankan konvensional tidak lagi menjadi status quo. Hal ini juga terjadi pada industri perbankan syariat bahkan untuk wilayah Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh apa mobile banking sebagai sebuah fasilitas yang ditawarkan oleh sistem perbankan syariat di Aceh efektif dalam menggaet kepuasan nasabah. Penelitian ini mengambil tempat di Aceh Barat dengan 113 orang responden penelitian dipilih dengan metode convenience sampling. Seluruh sample penelitian kemudian diuji tanggapannya dan didapat bahwa penggunaan mobile banking secara efektif berpengaruh terhadap kepuasan nasabah perbankan syariat untuk wilayah Aceh.
Kata kunci :Kepuasan Nasabah, Bank Syariah, Mobile banking.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Febrizal Alfarasyi Syam, M. Y. (2022). ANALISIS KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK ANALYSIS. 5, 164–173.
Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan , Kemudahan Keamanan , dan Fitur M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia ( Studi Kasus BANK ACEH SYARIAH KCP Sumenep ). 1, 70–89.
Anouze, A. L. M., Alamro, A. S., & Awwad, A. S. (2019). Customer satisfaction and its measurement in Islamic banking sector: a revisit and update. Journal of Islamic Marketing, 10(2), 565–588. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2017-0080
Axel, H., & Felix, D. (2022). Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan. Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 01(01), 17–32.
Budiyono, Tho’in, M., Muliasari, D., & Putri, S. A. R. (2021). An analysis of customer satisfaction levels in islamic banks based on marketing mix as a measurement tool. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(1), 2004–2012. http://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/318
Filanti. (2019). Pengaruh Persepsi Nasabah Bank Syariah Mandiri ( BSM ) Mengenai Kualitas Layanan BSM Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BSM NURDINA NISAA FILANTI Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia J. J.Ekonomi Islam, 1(1), 1–22.
Golovkova, A., Eklof, J., Malova, A., & Podkorytova, O. (2019). Customer satisfaction index and financial performance: a European cross country study. International Journal of Bank Marketing, 37(2), 479–491. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0210
Harahap, Z. (2020). Pengaruh Pelayanan m-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 101–118. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i1.151
Hossain, M., & Leo, S. (2009). Customer perception on service quality in retail banking in Middle East: the case of Qatar. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2(4), 338–350. https://doi.org/10.1108/mf.2008.00934jaa.001
Marginingsih, R. (2020). Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok). Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7475
Osseo-asare, A. E., Longbottom, D., & Chourides, P. (2007). Managerial leadership for total quality improvement in UK higher education. The TQM Magazine, 19(6), 541–560. https://doi.org/10.1108/09544780710828403
Panjaitan, H., & Djunaedi. (2017). International Review of Management and Marketing Product Advantage, Customer Relationship Marketing, and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130. http:www.econjournals.com
Sakti, M. R. P., & Mohamad, A. (2018). Efficiency, stability and asset quality of Islamic vis-à-vis conventional banks: Evidence from Indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 9(3), 378–400. https://doi.org/10.1108/JIABR-07-2015-0031
Saqib, L., Farooq, M. A., & Zafar, A. M. (2016). Customer perception regarding Shar?‘ah compliance of Islamic banking sector of Pakistan. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 7(4), 282–303. https://doi.org/10.1108/JIABR-08-2013-0031
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tomang). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.181-192
Zulfadli Hamzah1, A. A. P. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH THE. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH THE, 5(December), 118–13