FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI MUDA TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA

Agnes Alfionita Eka Suci, Mirdha Fahlevi SI

Abstrak

Investasi merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh generasi muda. Di zaman ini, investasi sangat penting untuk membantu mewujudkan keinginan dimasa depan. Bank Syariah Indonesia membuka sarana investasi baru yaitu investasi emas. Sebagai generasi muda harus menyadari akan pentingnya investasi untuk masa depan, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis apa saja faktor-faktor  yang mempengaruhi minat generasi muda terhadap keputusan berinvestasi emas pada Bank Syariah Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi muda yang berdomisili di wilayah Provinsi Aceh. Pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan menggunakan pendekatan convinence sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 108 responden yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Aceh. Penelitian ini mengkonfirmasikan bahwa variabel sikap investasi dan motivasi investasi berpengaruh terhadap minat investasi. Adapun variabel  norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku tidak berpengaruh terhadap minat investasi. Hasil penelitian memberi rekomendasi kepada pemangku kepentingan terkait agar memberi edukasi kepada generasi muda untuk gemar berinvestasi.

 

Kata Kunci : generasi muda, minat berinvestasi, investasi emas

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chen, L., & Yang, X. (2019). Using EPPM to Evaluate the Effectiveness of Fear Appeal Messages Across Different Media Outlets to Increase the Intention of Breast Self-Examination Among Chinese Women. Health Communication, 34(11), 1369–1376. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1493416

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297

Hati, S. W., & Harefa, W. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Milineal ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik NEegeri Batam ). Journal of Business Administration, 3(2), 281–295.

Hikmah, & Rustam, T. A. (2020). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 131–140. file:///C:/Users/Toshiba/Pictures/proposal akun 1/210-734-1-PB.pdf

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi, Persepsi Risiko terhadap Ninat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), 1(2), 103–117.

Ningtyas, M. N., & Istiqomah, D. F. (2021). Perilaku Investasi sebagai penerapan gaya hidup halal masyarakat Indonesia: tinjauan Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), 158–172. https://doi.org/10.21067/jem.v17i2.5642

Ramadhan, A. H., & Hermanto, S. B. (2015). Analisis Perilaku Nasabah Terhadap Minat Berinvestasi Deposito. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(7), 1–19.

Salisa, N. R. (2020). JURNAL AKUNTANSI INDONESIA 182 Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi Di Pasar Modal: Pendekatan Theory Of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182–194.

Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi, 24, 1584. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v24.i02.p28

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01

Triwijayati, A., & Koesworo, Y. (2006). Studi Sikap Dan Niat Konsumsi Jamu Pahitan Di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 17–41.