PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA-CLASSROOM

Milytia Cristy Kamu, Victor Sulangi, Derel Kaunang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran Pemodelan Matematika berbantuan GeoGebra-Classroom yang valid, praktis dan efrektif dengan  menggunakan model pengembangan generik karya Mckenney & Reeves. Tahap-tahap yang dilakukan yaitu tahap analisis-eksplorasi, tahap desain-konstruksi dan hanya sampai pada tahap evaluasi-refleksi. Produk desain pembelajaran yang dikembangkan telah melewati hasil validasi dengan rata-rata nilai validasi RPP  96%, rata-rata nilai validasi LKPD 93%, dan  rata-rata nilai validasi THB  95%  berada pada kategori baik dan memenuhi kriteria valid. Hasil respon peserta didik positif sehingga produk desain pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis. Adapun hasil belajar peserta didik pada uji coba kelompok kecil berada diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga produk desain pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif.

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Djumanan, H. R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogera Versi Android. JURNAL GAMMA-PI, 3(1), 22-27.

Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan learning management system (LMS) sebagai media pembelajaran online selama pandemi covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1-8.

Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65-74.

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra dalam pembelajaran matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40-47.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

McKenney, Susan E., and Thomas C. Reeves. 2012. “Book Conducting Educational Design.”

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,2013

Suharsimi Arikunto. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,2018.