PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI CANVA

Rosalinda Rosalinda, Muhammad Syafriansyah

Abstrak

Perkembangan teknologi digital yang semakin canggih memberikan tantangan tersendiri bagi pembelajaran bahasa Arab untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas melalui pengembangan media pembelajaran yang efektif dan menarik salah satunya adalah melalui media digital. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media canva sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan model 4-D. Media pembelajaran yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi bidang pendidikan Bahasa Arab. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pembelajaran Bahasa Arab melalui Media Canva mendapat penilaian sebesar 89,09% dari Ahli Media, dari penilaian Ahli Materi sebesar 89% sehingga dapa diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran canva sangat layak digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Arab.

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Digital, Aplikasi Canva.

Kata Kunci

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Digital, Aplikasi Canva.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Didik Hariyanto, Moh. Ali Mu'arifuddin, 2018, “Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Bola Voli Berbasis Kontekstual”, JOURNAL OF SPORT SCIENCE AND EDUCATION (JOSSAE) Vol. 3, No. 1.

Gita Permata Puspita Hapsari, Zulherman, 2021, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa” , JURNAL BASICEDU, Vol. 5, No. 4.

Gilang Alfinandika Rizanta, Meilan Arsanti, 2022, “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini” Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro.

Lisaniyah FH, Salamah U., 2020, “Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital 4.0 (Kahoot Dan Socrative) Pada Sekolah Dasar”, Premiere, Vol. 2, No. 2.

Nova Marwadi, Syamsul Sodiq, 2022, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Menyusun Teks Iklan Kelas Xii Dkv 2 Smkn 13 Surabaya”, Bapala, Vol. 9, No. 8.

Riri Okra, Yulia Novera, 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan”, JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, Vol. 4, No. 2.

Rahmatullah, Inanna, Andi Tenri Ampa, 2020, “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva”, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 12, No. 2

Sony Junaedi, 2021, “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology”, Bangun Rekaprima: Vol.07, No. 2.

Tri Wulandari, Adam Mudinillah, 2022, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD”, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), Vol. 2, No. 1.

Yusnita Adelina Purba, Amin Harahap, 2022, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu”, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,Vol. 06, No. 02.