PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI LIMAS

Puput Mulyana Lasube

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kevalidan media pembelajaran dilihat dari penilaian oleh ahli materi dan ahli media melalui lembar validasi, sedangkan untuk kepraktisan media dilihat dari hasil analisis angket respon guru serta respon siswa dan untuk keefektifan media dilihat dari tes hasil belajar siswa pada materi limas. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid dengan nilai rata-rata penilaian 3,5 oleh ahli materi dan 3,57 oleh ahli media. Hasil uji kepraktisan memenuhi kategori praktis dengan nilai rata-rata angket respon guru 4,7 dan berdasarkan persentase respon positif siswa dengan presentase sebesar 96% dan untuk keefektifan media  terbukti media pembelajaran efektif dilihat dari nilai tes hasil belajar siswa dengan nilai klasikal ketuntasan 95%.

Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, Model ADDIE, GeoGebra,
Limas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Karso. (2007). Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Yogyakarta. Makalah diseminarkan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Pratiwi, S. N. (2022). Filsafat Pendidikan - Suatu Pengantar Dalam Memahami Pendidikan Bagi Calon Guru. Medan: UMSUPRESS.

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.