HUBUNGAN SARAPAN PAGI DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA/SISWI KELAS 6 SD NEGERI 56 BANDA ACEH
Abstrak
Breakfast for children is an important thing, because school is an activity that requires a large amount of energy and calories for children. Breakfast intake needs to be controlled for its calorie content such as energy, protein and fat intake. Excess energy intake at breakfast causes negative impacts for school children such as drowsiness. Protein intake for children is useful for repairing and forming cells and body tissues, including the brain. This study aims to determine the relationship of breakfast with student achievement in SD Negeri 56 Banda Aceh. This research is a correlative quantitative research with cross sectional design. The results showed the relationship between breakfast, energy intake, and protein intake on student achievement at SD Negeri 56 Banda Aceh through the resulting p value of p = 0.000.
Keywords: Breakfast, Energy Intake, Protein Intake, Student Achievment
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alawiyah T, Sugeng W, Mury K. Status Gizi, Asupan Zat Gizi Makro Serta Serat, dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Anak Sekolah Dasar Kelas V Usia (10-12 Tahun) di SDN Talaga 2 Cikupa Tangerang. Nutr Diaita J Gizi - Diet. 2015;7(1):48–53. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/21661.
Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT. Gramedia Pustaka Utama; 2010.
Almatsier. Prinsip Dasar Ilmu Gizi Almatsier. 2009.
Annas M. Hubungan Kesegaran Jasmani, Hemoglobin, Status Gizi, dan Makan Pagi Terhadap Prestasi Belajar. 2011;1(2).
Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan; 2017.
Darmawan GB. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Skripsi. 2016.
Depdiknas. Panduan Pengembangan Silabus Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran IPA. Depdiknas; 2008.
DepKes R.I. Pemantauan Pertumbuhan Balita. Depertamen Kesehatan RI; 2002.
Fadillah NA, Marhal R, Rahayu A, Rahman F. Hubungan Asupan Energi, Asupan Protein, dan Status Asi Eksklusif dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Palem 2 Banjarbaru. J Publ Kesehat Masy Indones. 2018;5(1):35. doi:10.20527/jpkmi.v5i1.5001.
Faizah, Siti N. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Kebiasaan Jajan Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Banyuanyar III Surakarta. 2012.
Gibson S, Gunn P. What’s for breakfast? Nutritional implications of breakfast habits: insights from the NDNS dietary records. Nutr Bull. 2011;36(1):78–86.
Hardinsyah H, Aries M. Jenis Pangan Sarapan Dan Perannya Dalam Asupan Gizi Harian Anak Usia 6—12 Tahun Di Indonesia. J Gizi dan Pangan. 2016;7(2):89. doi:10.25182/jgp.2012.7.2.89-96.
Harianto S. Hubungan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Anak di Sekolah. Univ Muhammadiyah Palu. 2019.
Istianah. Pengaruh Sarapan Pagi terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di Kelas III SMKN 20 Bekasi. UIN Syarif Hidayatullah; 2008.
Kadek N, Astari S, Gumala Y, Made N, Cintari, Lely. Perbedaan Kejadian Stunting Berdasarkan Pengetahuan Gizi Ibu dan Asupan Zat Gizi Pada Balita Di Kecamatan Ubud. 2019.
Kemenkes R. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang nomor 41.; 2014.
Kementrian Kesehatan. Cara Mengatur Asupan Gizi Dengan Makanan Yang Sehat. Artikel. 2016. https://promkes.kemkes.go.id/?p=7358.
Khomsan A. Pangan dan gizi untuk kesehatan. Grafindo Persada; 2010.
Kleinman R. Manfaat sarapan untuk prestasi anak. 2013.
Koop CE. Bright futures: Guidelines for health supervision of infants, children and adolescents. National Center for Education in Maternal and Child Health; 2012.
Kusumaningsih I. Kebiasaan Sarapan pada Remaja SMA di Kota Bogor dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. 2007.
Langley-Evans S. Nutrition a Lifespan Approach.; 2009.
Mawarni LD, Simanungkalit SF. Hubungan energi, protein, zat besi, dan pendapatan orang tua dengan prestasi belajar. Indones J Heal Dev. 2020;2(3).
Moehji S. Ilmu Gizi 2. PT. Bhratara Niaga Media; 2009.
Ningsih L. Hubungan Asupan Energi, Asupan Protein dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Depok Baru VI Tahun 2016. 2016.
Pattola, Pattola, et al. Gizi Kesehatan dan Penyakit. Yayasan Kita Menulis; 2020.
Peraturan Pemerintah RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang.; 2014:1–96.
Perdana F, Masyarakat DG. Analisis Jenis ,Jumlah, Dan Mutu Gizi Konsumsi Sarapan Anak Indonesia. 2013;8(1):39–46.
Prabowo, Setyo T. Hubungan Asupan Zink, Jenis Kelamin, dan Pendidikan Orang Tua Dengan Status Gizi (Tb/U) Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd 01 Cinere, DEPOK. Skripsi. 2017.
Rahma F. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sdn Sawahan I/340 Surabaya. Kesehatan. 2014;v(3):576–587.
Ramadhani F. Angka kecukupan gizi 2012 energi protein karbohidrat lemak serat ( 1 ). 2012;(1).
Setiawan MN, Haridito I. Hubungan status gizi dengan tingkat kosentrasi belajar siswa. E-Journal Unesa-Jurnal Kesehat Olahraga. 2015;3(1).
Sintha R. Sehat Pangkal Cerdas. Kompas; 2001.
Slameto. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta; 2010.
Soekirman S. Ilmu Gizi dan Aplikasinya Untuk Keluarga dan Masyarakat. Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional; 2000.
Suwanda S. Asuhan Keperawatan Keluarga Bp.Ct dengan Anak AI Menderita Berat Badan Kurang di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta Tahun 2018. 2018.
Suzan R, Halim R, Nofrianis R. Penyuluhan Sarapan Sehat dan Pemeriksaan Status Gizi pada Anak Usia 4-6 Tahun. J Med. 2018;1(1):22–25.
Syah M. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya; 2010.
Tu’u T. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo; 2004.
Verdiana L, Muniroh L. Kebiasaan Sarapan Berhubungan Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SDN Sukoharjo I Malang. Media Gizi Indones. 2018;12(1):14.doi:10.20473/mgi.v12i1.14-20
Wardoyo HA, Trias mahmudiono. Hubungan Makan Pagi Dan Tingkat Konsumsi Zat Gizi Dengan Daya Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indones. 2013;9:49–53.
Wong HK, Wong RT, Seroyer C. The first days of school: How to be an effective teacher. 4 ed. Montain View. CA: Harry K. Wong Publications; 2009.
Wuryani SE. Psikologi Pendidikan. PT. Grasindo; 2002.