HUBUNGAN TINGKAT STRES MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNAYA
Abstract
COVID-19 is a virus that causes disease in humans and animals. Respiratory tract infections usually occur in humans ranging from common ones such as the flu to serious ones such as COVID-19, which is currently becoming a worldwide pandemic. The impact of this pandemic for all universities in Indonesia has caused all learning activities that are usually used face-to-face method turned into online learning method. As a result, college students began to complain about several things, such as network problems, difficulty in doing group discussions, until symptoms such as stress and anxiety appears when they have to doing many tasks and have to choose the priority first, this had an impact on students' mental health. The stress level of students during this pandemic has a huge impact on mental health. This correlational research aims to determine the relationship between stress levels during the COVID-19 pandemic and the anxiety of Unaya’s medical student with used cross-sectional design. Based on statistical results obtained pvalue = 0.837 (pvalue > 0.05), it shows that was no significant correlation between stress levels during the Covid-19 pandemic and the anxiety of Unaya’s medical student.
Keywords: Stress, COVID – 19, Anxiety
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kintama AY. Daring Selama Pademi Covid-19 Pada Mahasiswa Pgsd Uwks : Hambatan Dan Solusi. Pendidik Guru. Published online 2020.
Wahyuni I, Sutarno, Andika R. Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19 Relation Between Religiosity Levels with Anxiety Levels on College Student During Pandemi Covid-19. J Kesehat Al-Irsyad. 2020;XIII:131-44.
Usman S, Budi S, Nur Adkhana Sari D. Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. / J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2020;11:410-14. Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia
Dinas kesehatan. DATA COVID-19 ACEH. https://dinkes.acehprov.go.id/
Kartika R. Analisis faktor munculnya gejala stres pada mahasiswa akibat pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknol. 2020;1:1-11.
Haig-Ferguson A, Cooper K, Cartwright E, Loades ME, Daniels J. Practitioner review: health anxiety in children and young people in the context of the COVID-19 pandemic. Behav Cogn Psychother. Published online 2020:1-15.
Fauziah N, Rafiyah I, Solehati T, Keperawatan F, Padjadjaran U. Parent’s Anxiety Towards Juvenile Deliquency Phenomenon In Bandung Indonesia. 2018;3.
Muslim M. Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid- 19 ” 193. J Manaj Bisnis. 2020;23:192-201.
Latip A. Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknol. 2020;1:107-115.
Nur musradi. Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. 2016;2(July):1-18.
Hilna Putria1, Luthfi Hamdani Maula2 DAU. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19. J Basicedu. 2020;4:1-12.
Fitria L, Ifdil I. Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. J Educ J Pendidik Indones. 2020;6(1):1.
Setiyani RY. Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. J Psikol Integr. 2018;6(1):16.
Nanang. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan. Published online 2018:7-15.
Hayat A. Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Khazanah J Stud Islam dan Hum. 2017;12:52-63.
Saleh U. ( Memahami gangguan kecemasan : jenis-jenis , gejala , perspektif teoritis dan Penanganan ) Program Studi Psikologi. Published online 2015:1-63.
Lubis LT, Sati L, Adhinda NN, Yulianirta H, Hidayat B. Peningkatan Kesehatan Mental Anak dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al- Hikmah J Agama dan Ilmu Pengetah. 2019;16:120-29.
Yunanto TAR. Perlukah Kesehatan Mental Remaja? Menyelisik Peranan Regulasi Emosi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dalam Diri Remaja. J Ilmu Perilaku. 2019;2(2):75.
Revision F, Online A, Weiodiningrat R. Koping Sebagai Faktor Protektif Resiliensi Keluarga Yang Memiliki Remaja Dengan Gangguan Jiwa (Pendekatan Teori Keperawatan “Resilience” Haase&Peterson) Ns. Published online 2020.
Maulana I, Sriati A, Sutini T, Widianti E, Rafiah I, Hidayati NO. Penyuluhan Kesehatan Jiwa untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Masalah Kesehatan Jiwa di Lingkungan Sekitarnya MKK : Volume 2 No 2 November 2019 Orang yang mengalami gangguan Jiwa di Dunia ini sudah banyak dan bahkan di Indonesia pun banyak p. 2019;2:218-25.
Karyono K, Rohadin R, Indriyani D. Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. J Kolaborasi Resolusi Konflik. 2020;2(2):164.
Diah Handayani, Dwi Rendra Hadi, Fathiyah Isbaniah, Erlina Burhan HA, Departemen. Penyakit Virus Corona 2019. 40:1-14.
PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, IDAI. Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 3 Desember 2020.
Siahaan M. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. J Kaji Ilm. 2020;1:73-80.
Syah RH. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2020;7.
Napitupulu RM. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. J Inov Teknol Pendidik. 2020;7:23-33.
Marpaung EW. Pandemi COVID-19 : Dampak Sosial-Ekonomi , Tantangan ,dan Potensi Solusi Pandemi Covid-19 Dalam Sudut Pandang Demografi Sosial
Zukmadani AY, Karyadi B, Kasrina. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. J Pengabdi Masy. 2020;3:68-76.
Eka AR. Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Keberhasilan Memberikan Obat melalui Infus pada Mahasiswa FIK UI Angkatan 2010. J FIK UI. 2012;2:7-9.
Vera F. Hubungan tingkat stres dan kecemasan dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas muhammadiyah surakarta. Published online 2018:10-11.