HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Aben Palullu, Ontang Manurung, Marvel G Maukar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan: 1) Motivasi belajar dengan Prestasi belajar matematika siswa. 2) Persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. 3) Motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas VIIIA (32 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai koefisien korelasi 0,7650 dengan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 58,52%. 2) ada hubungan positif signifikan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai koefisien korelasi 0,6856 dengan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 47,00%. 3) Ada hubungan positif signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai korelasi koefisien 0,8649 dari motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Kontribusi variabel motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa adalah 74,80%.

Kata kunci: Motivasi belajar, Persepsi siswa, Prestasi Belajar Matematika   Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amaliah, Dini. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta: CV Abe Gratifindo.

Danarjati, A. M. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Herman Hudojo. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Linda, D. P., Sappaile, N., & Huda, S. A. (2019). Hubungan Self Confidence Hasil Belajar Matematika. Prosding Seminar Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2018, 1–6.

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Nawangsari,N.A.F. 2007. Pengaruh Self Efficacy dan Expectacyvalue terhadap Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika.Surabaya:Insan Media Psikologi.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.

Siregar, N. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang menyenangi game. Jurnal. FIP. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIKA BIDANG. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif

Widayani, (2011). Hubungan persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa. UKSW. Yogyakarta

Widyastuti, I. (2019).Kajian Tentang Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orangtua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal.FKIP.UST. Yogyakarta.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif