UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BAHASA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIMBOL SONG PADA MATERI LISTENING DI SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran simbol song dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa 2 pada materi Listening SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022 sedangkan yang menjadi rumusan masalah adalah Apakah melalui penggunaan model pembelajaran simbol song dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa 2 pada materi Listening SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 2 Sigli Tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 36,1 pada kondisi awal menjadi 51,7 pada siklus I dan menjadi 64,8 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 15,6 % dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 13,1 % dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 20% dari kondisi awal, siklus II meningkat 50% dari siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 28,7%.
Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran simbol song dan listening.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana
Boediono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri
Surabaya.
Istarani. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.
-------, 2015. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa. Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repuvlik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris kelas XI. Jakarta.
Marimba. 1978. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Aksara Baru
Moleong, Lexy J. , 2011. Metode Penelitian Kualitatif ( Edisi Revisi ). Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif.
Jakarta:Pustaka Prestasi Publisher
Nawawi. 1981. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bina Aksara
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang
Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga
Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
-------, 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.
Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta. Prenada media.
Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara