UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BAHASA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIMBOL SONG PADA MATERI LISTENING DI SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sofyan Sofyan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran simbol song dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa 2 pada materi Listening SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022 sedangkan yang menjadi rumusan masalah adalah Apakah melalui penggunaan model pembelajaran simbol song dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa 2 pada materi Listening SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 2 Sigli Tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 36,1 pada kondisi awal menjadi 51,7 pada siklus I dan menjadi 64,8 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 15,6 % dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 13,1 % dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 20% dari kondisi awal, siklus II meningkat 50% dari siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 28,7%.

Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran simbol song dan listening.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana

Boediono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri

Surabaya.

Istarani. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.

-------, 2015. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa. Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repuvlik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris kelas XI. Jakarta.

Marimba. 1978. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Aksara Baru

Moleong, Lexy J. , 2011. Metode Penelitian Kualitatif ( Edisi Revisi ). Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif.

Jakarta:Pustaka Prestasi Publisher

Nawawi. 1981. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bina Aksara

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang

Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga

Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

-------, 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta. Prenada media.

Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara