UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sayed Jamaluddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran teka teki silang (tts) dalam meningkatkan hasil belajar pada materi keragaman budaya Indonesia sebagai identitas nasional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2021/2022. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui media pembelajaran teka teki silang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keragaman budaya Indonesia sebagai identitas nasional Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2021/2022?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 45,5% (10 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 54,5% (12 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 90,9% (20 siswa) dan sebanyak 9,1% (2 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I 55,6 dan rata- rata kelas siklus II 70. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung . Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 30,4%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 72,7%. jika dibandingkan dengan kondisi awal.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keragaman Budaya Indonesia sebagai Identitas Nasional dan media pembelajaran teka-teki silang (tts)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anita, Lie. 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

-------,. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

K. Wardiyatmoko. 2014. Geografi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta.

Erlangga.

Kamisa. 1997. Kamus Besar Bahasa

Ibrahim Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi

Konstruksiviktif, Jakarta:Pustaka Prestasi Publisher

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang

Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga.

Sanusi, Fattah, dkk.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta. Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumadi Suryabrata. 2001. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press

Suharsini Arikunto, 1991. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta Rineka Cipta.