MELALUI MODEL INQUAIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 MATERI TUMBUHAN PAKU PELAJARAN BIOLOGI PADA SMA UNGGUL PIDIE JAYA

Rosnawati Rosnawati

Abstrak

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi khusunya materi Tumbuhan Paku dengan menggunakan media yang relevan. Hal ini menggugah penulis untuk mengadakan suatu penelitian terhadap masalah ini di SMA Unggul Pidie Jaya selama 3 bulan dari bulan Agustus – Oktober 2021 yang bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 materi Tumbuhan paku pelajaran biologi dengan menggunakan model Inquairi pada SMA Unggul Pidie Jaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Unggul Pidie Jaya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 orang siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 44,44% (8 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 55,55 % (10 siswa) sedangkan pada akhir siklus 2,sebanyak 94,44 % (17 siswa) dan siswa 1 (5,55 %)yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I adalah 6,02 dan rata-rata kelas siklus II adalah 7,97. Adapun non tes,pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan keadaan siswa yang lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, model Pembelajaran Inquairi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu

Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana Alquranurkarim.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Basri Syamsu. 2000. Teaching Speaking. Jakarta. Rineka Cipta.

Boediono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta. Pustaka Prestasi Publisher.

Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang

Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga

Istarani. 2015. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.

-------, 2008. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.

Sadi, dkk. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA Kelas XI Berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 2013. Jakarta. Erlanga.

Sumadi Suryabrata. 2001. Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pres