UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI DALAM ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Cut Ali

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam padas iswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah metode pembelajaran role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam padas iswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian dapat dilihat upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran role play materi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2021/2022, mengalami peningkatan. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 45,2 pada kondisi awal menjadi 58,3 pada siklus I dan menjadi 69 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 13,1% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 10,7% dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 33,3% dari kondisi awal, siklus II meningkat 38,1% dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 23,8%. Dan ketuntasan setelah siklus II menjadi 71,4%.

Kata Kunci: hasil belajar, metode role play dan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu

Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana

Alquranurkarim. Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Basri Syamsu. 2000. Teaching Speaking. Jakarta. Rineka Cipta.

Boediono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Marimba. 1978. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Aksara Baru

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta. Pustaka Prestasi Publisher.

Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang