PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 1 KUALA
Abstrak
Model pembelajaran levels of inquiry terdiri dari tahapan-tahapan yang sesuai dengan perkembangan keterampilan intelektual dan berfokus pada peseta didik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry di Kelas XI IPA 1 pada materi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik 26 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama berlangsung dengan dua kali tatap muka, siklus II berlangsung dengan dua kali tatap muka, setiap sesi berlangsung selama 45 menit. Instrumen yang digunakan yaitu lembaran test, observasi, dan lembaran kuesioner respon peserta didik. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53,8%) dan siklus II (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.
Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri, levels of inquiry, hasil belajar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta
Asyhari, A., & Clara, G.P. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry
Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, Vol 6 (2), 87 : 101
Nurinsani, E. A., Imansyah, A., Utari, S., Saepuzaman, D., & Bashori, H. 2018. Penerapan Levels of Inquiry (LoI) Untuk Mengidentifikasi Perkembangan Kemampuan Bereksperimen Pada Materi Tekanan Di SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol.3. No.1: 114 – 119
Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rusda Karya
Salim., Suryaman., & Rusmawati, R.D. 2019. Kefektifan Tingkatan Pembelajaran Inquiry (Levels of Inquiry) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Dengan Pengetahuan Berbeda. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 4, No.2, 96-108
Wenning, C. J. (2010), Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes, Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), hlm. 3-1
Wenning, C. J. 2011. Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes, Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), hlm. 3-1.