ANALISIS PERBEDAAN LAYANAN LISTRIK PRABAYAR DAN PASCABAYAR TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA PT. PLN (PERSERO) (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie)

Cut Yusnidar, Zulkifli Zulkifli, Yumma Saputra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perbedaan layanan listrik prabayar dan pascabayar terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa PT. PLN (persero) (studi kasus pada masyarakat kecamatan Pidie Kabupaten Pidie). Dimana variabel independen yaitu listrik prabayar, listrik pascabayar serta kepuasan masyarakat sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan jasa PT. PLN (persero) di Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik Unknown Populations. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda  Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefesien Determinasi (R2). Y =  2,698 + 0,355 X1 + 0,328 X2. Bedasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Listrik Prabayar (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 0.355 atau 35.5% terhadap kepuasan masyarakat Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Listrik Prabayar (X1), Listrik Pascabayar (X2), terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa PT. PLN (persero) Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie dangan indeks korelasi sebesar 0,868 atau 86,8% ini berarti hubungan sangat kuat.  Kemudian indeks diterminasi masing-masing variabel Listrik Prabayar (X1), Listrik Pascabayar (X2) sebesar 0.754 atau 75,4 %, ini berarti ketiga variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa PT. PLN (persero) Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie dan sebesar 56,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Listrik Prabayar, Listrik Pascabayar, Kepuasan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Algifari. 2012. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta : BPFE.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pamasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu Swastha,2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, BPEE, Yogyakarta.

Enis, Ben, M ,2010, Marketing Principle, Goodyear Publ, Coy. Inc, California. Indriarto, Fidelis.

Fredy Rangkuti, 2012, Riset Pemasaran Penerbit PT.Gramedia Jakarta

Giese & Cote. (2010). Academy of Marketing Science Review. Defining.

Gaspersz, 2011. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep, Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Buku I. Edisi Milenium (Edisi ke 10 ). Alih Bahasa : Drs. Benjamin Molan. Jakarat : PT. Prenhallindo.

Lupiyoadi. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K.2010, Marketing Research : An Applied Orientation, 6th ed. New Jersey :

McCarthy. 2010. Pemasaran Dasar Pendekatan. Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Robbins, S. (2012). Perilaku organisasi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Santoso, Singgih. 2010. Latihan SPSS: Statistika Multivariat. Jakarta: Alex Media Computindo.

Sanastya D. 2016, Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Prabayar dan Pascabayar : e Journal Ekonomi dan Bisnis (1) 2421

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Stanton J William. 2012., Prinsip Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Sumarwan, U. 2013. Perilaku Konsumen : Teori dan penerapannya dalam pemasaran,Ghalia Indonesia, Jakarta.

Thomas W. Lin. 2011. Manajemen Biaya dengan Tekanan Stratejik. Terjemahan A. Susty Ambarriani. Jakarta : Salemba Empat

Perusahaan Listrik Negara, Listrik Prabayar (Internet). (Diakses 2020 Mei 2) Tersedia Pada http://www.pln.co.id