PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TATA BUSANA-2 MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI MATERI PENGERTIAN DAN FUNGSI BUSANA PESTA PADA SMK NEGERI 1 SIGLI
Abstrak
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI Tata Busana-2 Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Materi Pengertian dan Fungsi Busana Pesta Pada SMK Negeri 1 Sigli. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2020 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman melalui penggunaan model pembelajaran problem base learning pada materi pengertian dan fungsi busana pesta bagi siswa kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Hasil penelitian diperoleh antara lain hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 70% nilai rata-rata kelas sebesar 75,8 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 93,3% dengan nilai rata-rata kelas 85,2. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 46,7% dan nilai rata-rata adalah 53,3. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran problem base learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi akuntansi sebagai sistem informasi bagi siswa kelas XI Tata Busana-2 SMK Negeri 1 Sigli. Selain itu, hasil pengamatan pada proses belajar mengajar memperlihatkan perubahan siswa lebih aktif pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Base Learning Pengertian dan Fungsi busana Pesta
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anies. 2003. Problem Based Learning. Artikel. Tersedia pada http://www.suaramerdeka.com/harian/0304/28/kha2.htm. Diunduhtanggal 11 Januari 2016.
Anas Sudijono. 2005. PengantarEvaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.
Aqib, Zainal, 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: YramaWidya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT BumiAksara.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Sri Widarwati, 2000. Desain Busana I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Sri Widarwati, dkk. 2000. Desain Busana II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sudijono. 2005. PengantarEvaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Sugiyanto. 2008. Model-model PembelajaranInovatif. Surakarta: PanitiaSertifikasi.
Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI.
Taufiq Amir. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.